Presiden FIFA Nilai Sepak Bola Bisa Putus Kesenjangan Ekonomi Dunia

GDP sepak bola mencapai 300 milar dolar AS

Jakarta, IDN Times - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyebutkan bahwa sepak bola memiliki dampak ekonomi global yang besar.

Hal itu diungkapkannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Infantino berharap, sepak bola bisa dimanfaatkan dengan baik seluruh negara di dunia. Sebab, ekonomi dari sepak bola bisa memberikan dampak yang besar.

Menurut dia, Gross Domestic Product (GDP) sepak bola global mencapai 300 miliar dolar Amerika Serikat, atau setara Rp4,6 triliun. Eropa masih menjadi penyumbang terbesar.

"Sekarang, izinkan saya bicara keterkaitan sepak bola dan ekonomi. GDP sepak bola global mencapai angka 300 milar dolar AS. Bayangkan potensi ekonomi global yang besar dari sepak bola ini, jika seluruh dunia bisa memanfaatkannya," kata Infantino.

Presiden FIFA itu juga menyebut 90 persen fans dari sepak bola itu berasal dari luar Eropa. Dan GDP sepak bola diproduksi sebesar 70 persen di Benua Biru. Maka dari itu, dia ingin negara lain bisa mengikuti cara negara Eropa mendongkrak ekonomi dari sepak bola.

"Jika semua negara di dunia bisa memanfaatkan potensi ekonomi dari sepak bola, terbayang sudah bagaimana kesenjangan ekonomi di dunia ini bisa diputus," kata Infantino.

Baca Juga: Presiden FIFA Gainni Infantino Tiba di Bali, Siap Hadiri KTT G20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya