Comscore Tracker

Presiden Jokowi Dorong Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Pesan Presiden Jokowi disampaikan Menpora ke PSSI

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, mendorong PSSI untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, pesan Jokowi diteruskan kepada PSSI.

Zainudin meminta agar PSSI bisa bergerak cepat, merespons arahan Jokowi. Sebab, pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023 tersisa dua hari lagi.

"Saya langsung lapor ke pak Presiden untuk minta arahan, diizinkan atau tidaknya. Beliau menyampaikan, silakan untuk mengajukan diri," kata Zainudin kepada awak media di kantornya, Selasa (28/6/2022).

1. PSSI langsung gerak cepat

Presiden Jokowi Dorong Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023Logo PSSI. (Website/pssi.org)

Zainudin menyatakan PSSI akan bergerak cepat usai menerima arahan tersebut. Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan dan Sekretaris Jenderal Yunus Nusi akan diinstruksikan untuk langsung berkomunikasi dengan AFC terkait pencalonan sebagai tuan rumah.

"Hari ini, mereka (PSSI) akan ke AFC. Nanti mereka akan menyampaikan surat permohonan untuk menjadi tuan rumah. Ini kessmpatan yang bagus, kita menjadi peserta sekaligus tuan rumah," ujar Zainudin.

Baca Juga: Lolos ke Piala Asia, Ranking Indonesia di FIFA Melesat!

2. Indonesia sudah siap

Presiden Jokowi Dorong Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Memang, PSSI sempat ragu untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia tahun depan. Sebab, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, pada Mei hingga Juni 2023. Jadwal yang berdekatan menjadi bahan pertimbangan buat PSS.

Namun, Zainudin memiliki pandangan lain. Persiapan bisa lebih matang, dan hanya perlu menambahkan venue jika memang dibutuhkan karena momentum yang sudah pas.

"Pelaksanaan ini tidak terlalu jauh. Jadi, Indonesia dalam keadaan yang siap, infrastruktur masih ada, SDM juga tersedia. Jadi tidak terlalu sulit," ucap Amali.

3. Harus bersaing dengan Korea Selatan

Presiden Jokowi Dorong Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023Timnas Indonesia U-19, (Foto: Instagram/PSSI)

Langkah Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 tak akan mudah. Sebab, Indonesia harus bersaing dengan Korea Selatan dan Australia.

Secara dukungan, ketiga negara ini memang sudah mendapat restu dari pemerintah masing-masing. Namun, ada indikasi kalau Korea lebih unggul, mengingat secara fasilitas dan kesiapan dari masing-masing kota penyelenggara lebih mumpuni.

Baca Juga: Korea Selatan Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya