Profil Shayne Pattynama, Bek Indonesia yang Hengkang dari Viking

Pattynama akhirnya menjadi WNI pada Selasa (24/1/2023)

Jakarta, IDN Times - Shayne Pattynama akhirnya resmi menyandang status Warga Negara Indonesia, setelah pengambilan sumpah kewarganegaraan, Selasa (24/1/2023). Dengan begitu, mimpinya membela Timnas Indonesia bisa segera terwujud.

Pemilik nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama itu menjadi pemain naturalisasi ketiga buat Timnas Indonesia di era Shin Tae Yong. Sebelumnya ada Sandy Walsh dan Jordi Amat yang lebih dulu menjadi WNI pada 17 November 2022 lalu.

Shayne Pattynana akan meninggalkan Viking FK secara resmi pada tahun 2024 mendatang, usai pengumuman tersebut dilansir oleh Viking FK pada Kamis (07/12/2023). Kontraknya akan berakhir pada pada 31 Desember 2023 nanti, Shayne sudah mengabdi sejak tahun 2021.

Sebelumnya, Shayne memperkuat klub Belanda, SC Telstar pada tahun 2019 hingga 2021. Shyane menjadi salah satu pilar penting di skuad Viking, ia telah tampil lebih dari 100 kali di semua ajang kompetisi. Berikut IDN Times ulas profil Shayne Pattynama buat kamu.

1. Jebolan akademi Ajax dan Utrecht

Profil Shayne Pattynama, Bek Indonesia yang Hengkang dari VikingPemain Viking Fk, Shayne Pattynama, merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang siap melakukan proses nanturalisasi dan sudah mengirimkan dokumen penunjang demi bisa bela Timnas Indonesia. (Instagram/@s.pattynama)

Pattynama merupakan pesepak bola kelahiran 11 Agustus 1998 silam. Dia lahir dan besar di Leslytad, yang merupakan ibu kota Provinsi Flevoland, Belanda.

Pemain dengan tinggi 1,85 meter itu merupakan jebolan sejumlah tim besar di Belanda. Akademi Ajax dan FC Utrecht pernah disinggahinya untuk menimba ilmu sepak bola.

Bakat Pattynama dilirik akademi Ajax pada 2007 lalu, saat bermain di Leslytad67 Youth. Berselang tiga tahun, dia berlabuh ke akademi Utrecht, hingga menembus Utrecht U-21 2017 lalu.

Baca Juga: Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Pemain Lagi

2. Sedang berkarier di Liga Norwegia

Profil Shayne Pattynama, Bek Indonesia yang Hengkang dari VikingShayne Pattynama, pemain naturalisasi Timnas Indonesia (instagram.com/s.pattynama)

Hanya saja, Pattynama tak menembus skuad utama Utrecht. Dia justru bertolak ke Telstar, salah satu klub divisi kedua di Liga Belanda pada 2019 silam.

Hingga kini, Pattynama masih membela salah satu klub di Liga Norwegia, Viking FK. Dia bergabung pada April 2021 lalu, setelah dilepas Telstar secara gratis.

Bersama Viking FK, Pattynama sudah mengemas 55 penampilan. Sebanyak dua gol dan enam assist telah dia koleksi.

3. Mau buat mendiang ayahnya bangga

Profil Shayne Pattynama, Bek Indonesia yang Hengkang dari VikingAyah Pattynama, (Instagram/s.pattynama).

Pattynama memang bermimpi untuk berseragam Timnas Indonesia. Nantinya, jersey dengan lambang Garuda di dada itu didedikasikan untuk mendiang sang ayah, yang lahir di Semarang.

"Cita-cita beliau ingin pergi ke Indonesia sekeluarga. Sakit rasanya tidak bersamaku lagi, karena dia tak bisa menyaksikan langkahku bermain untuk Timnas Indonesia. Saat memakai baju itu (jersey Timnas Indonesia), saya akan berjuang untuk negeri ini dan untuk ayahku," tulis Pattynama di Instagramnya, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Shane Pattynama Segera Jadi WNI, Keppres Sudah Diteken Jokowi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya