PSSI Diguyur Bonus Miliaran Usai Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia

Modal besar untuk persiapan Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - PSSI mendapatkan dana segar seiring kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. Mereka diguyur bonus dari AFC sebesar 200 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp2,9 miliar atas pencapaian Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Seri Windsor John, menyatakan bonus ini diberikan kepada seluruh kontestan Piala Asia. Dilansir Harian Metro, bonus tersebut menjadi bekal bagi setiap Timnas untuk bisa berlaga di Piala Asia 2023 nanti.

1. Bonus itu untuk persiapan semua tim

PSSI Diguyur Bonus Miliaran Usai Timnas Indonesia Lolos ke Piala AsiaSelebrasi para pemain Timnas Indonesia usai jebol gawang Nepal dan lolos ke Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Dengan bonus tersebut, sudah semestinya Timnas Indonesia melakukan persiapan matang. Dana besar yang diberikan AFC, tentunya bisa membantu PSSI untuk menggelar sejumlah pemusatan latihan.

"Benar, setiap tim yang memastikan tiket ke Piala Asia mendapatkan hadiah," kata Datuk Seri Windsor John mengutip Harian Metro.

Baca Juga: PSSI Buka Suara Soal Insiden 2 Bobotoh Wafat

2. PSSI terkejut mendengar hal ini

PSSI Diguyur Bonus Miliaran Usai Timnas Indonesia Lolos ke Piala AsiaSekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri), Ketum PSSI Mochamad Iriawan (tengah), dan Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing (kanan) saat konferensi pers mengumumkan tindak lanjut PSSI dalam kasus pengaturan skor di Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

PSSI mengaku belum mengetahui dana tersebut. Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, masih belum mendengar kabar itu dan akan mengonfirmasikannya kepada AFC.

"Nanti saya konfirmasi dulu. Saya juga baru tahu dari media juga," kata Yunus kepada IDN Times, Minggu (19/6/2022).

3. Jika bonus turun, apa yang bisa dilakukan dengan uang tersebut?

PSSI Diguyur Bonus Miliaran Usai Timnas Indonesia Lolos ke Piala AsiaShin Tae Yong melakukan perayaan kemenangan atas Kuwait, Rabu (8/6/2022). (Instagram/ Shin Tae Yong)

Tentu kucuran bonus itu diharapkan bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya oleh PSSI. Uang itu harus bisa membekali Timnas Indonesia persiapan yang matang melalui serangkaian uji coba dengan tim negara lain, bertujuan agar kemampuan Pasukan Garuda semakin baik nanti.

Sebenarnya, PSSI masih bisa mendapatkan kucuran dana dari AFC. Itu terjadi jika Indonesia benar-benar ambil kesempatan buat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Dengan begitu, PSSI pastinya mendapat subsidi dari AFC untuk menggelar Piala Asia.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Kelelahan, tapi Ingin Timnas Indonesia Berkembang!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya