PSSI Kena Sentil Si Doel Rano Karno di Rapat Komisi X

Sindiran terkait lempar tanggung jawab Tragedi Kanjuruhan

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno, menyindir PSSI dalam rapat pembahasan naturalisasi Shayne Pattynama. Sindiran itu terkait lempar tanggung jawab di Tragedi Kanjuruhan, yang memakan 135 korban jiwa pada 1 Oktober 2022 lalu.

Rano Karno bertanya apakah PSSI sudah memahami statuta FIFA dalam menaturalisasi pemain. Dia tak mau PSSI melakukan kesalahan dalam naturalisasi, yang membuat Shayne tak bisa membela Timnas Indonesia meski sudah pindah kewarganegaraan.

"Kita sedang menghadapi suatu masalah yang enggak usah ditutup-tutupi. Tolong dibaca statuta FIFA soal naturalisasi, jangan sampai nanti salah lagi. Jangan sampai terjadi dulu, baru kita saling tuduh. Enggak usah malu, ayo kita benahi," kata Rano dalam rapat di Gedung Nusantara I DPR RI, Selasa (8/11/2022).

1. Jangan banyak naturalisasi pemain

PSSI Kena Sentil Si Doel Rano Karno di Rapat Komisi XShayne Pattynama, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia (instagram.com/s.pattynama)

Rano Karno juga menyarankan agar PSSI tak terlalu sering menaturalisasi pemain. Sebab, kiat ini disebut menjegal pemain lokal untuk membela Timnas Indonesia ke depannya.

Sebab, sudah ada tiga pemain yang ingin dinaturalisasi untuk membela timnas senior. Selain Shayne, ada Sandy Walsh dan Jordi Amat yang tinggal menunggu diambil sumpah kewarganegaraannya.

"Jangan terlalu banyak juga naturalisasi. Kasian, nanti anak kita enggak bisa bersaing," Rano Karno.

Baca Juga: Soal Markas Timnas Indonesia, PSSI Akan Konsultasi dengan AFF

2. Rano Karno pertanyakan kualitas Shayne ke Iwan Bule

PSSI Kena Sentil Si Doel Rano Karno di Rapat Komisi XInstagram.com/@si.rano

Selain itu, Rano Karno menyarankan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan seleksi yang cukup ketat dalam menaturalisasi pemain, dan jangan hanya berlandaskan rekomendasi dari pelatih Shin Tae Yong.

"Saya pernah dengar memang ini adalah rekomendasi Shin Tae Yong. Saya minta maaf, tapi apakah pak Iwan pernah lihat dia bermain? Jangan cuma rekomendasi, terus iya, tapi kemudian enggak tahunya (flop), ya saya hanya mengingatkan saja," ujar Rano.

3. DPR restui naturalisasi Shayne Pattyname

PSSI Kena Sentil Si Doel Rano Karno di Rapat Komisi XShayne Pattynama (instagram.com/s.pattynama)

Setelah dicecar banyak pertanyaan, Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian, yang memimpin rapat akhirnya mengetuk palu untuk memberikan persetujuan proses naturalisasi Shayne. Persetujuan itu didapat lewat kesimpulan dari para fraksi.

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne. Dengan catatan, bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Hetifah.

Baca Juga: Shayne Pattynama Selangkah Lagi Jadi WNI, Susul Sandy Walsh

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya