Respons Marc Klok Usai Tak Dipilih Luis Milla Jadi Kapten Persib

Sikap pemimpin tidak perlu menunggu jadi kapten

Jakarta, IDN Times - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, tidak terpilih sebagai kapten tim di bawah kepelatihan Luis Milla. Arsitek asal Spanyol itu menyerahkan ban kapten kepada gelandang lain, Rachmat Irianto.

Momen itu terjadi ketika Persib menjamu RANS Nusantara FC, akhir pekan kemarin. Di akhir laga, Maung Bandung sukses membekuk tamunya dengan skor 2-1, sekaligus memutus tren negatif.

Klok legawa tentang keputusan Milla yang tak memilihnya sebagai kapten. Sebab, pemain naturalisasi itu menilai, ban kapten tak jauh seperti aksesori semata.

1. Sosok pemimpin bukan dari ban kapten

Respons Marc Klok Usai Tak Dipilih Luis Milla Jadi Kapten PersibMarc Klok dan Mohammed Rashid bermain bagus saat Persib mengalahkan Barito Putera. (persib.co.id).

Ya, Klok merupakan pemain yang pernah menjadi kapten sebelum Milla menjabat. Selain Klok, ada Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, dan I Made Wirawan.

Nah, karena hanya Klok yang masuk starting XI ketika bersua RANS, otomatis dia berpeluang untuk mengenakan ban kapten. Tapi, Milla berkata lain, dan lebih memilih Irianto.

Keputusan Milla tak membuat Klok kecil hati. Sebab baginya, tidak perlu menunggu amanah sebagai kapten, untuk menunjukkan sikap kepemimpinan di atas lapangan.

"Saya tidak butuh menjadi kapten untuk menunjukkan bahwa saya adalah seorang pemimpin tim. Kapten bukan tentang aksesoris. Ini tentang pemikiran dan berperilaku profesional. Nilai-nilai itu saya ambil dengan sangat serius," ucap Klok kepada IDN Times.

Baca Juga: Luis Milla Pastikan Persib Bermain dengan Formasi yang Lebih Fleksibel

2. Rachmat Irianto juga kaget ditunjuk jadi kapten

Respons Marc Klok Usai Tak Dipilih Luis Milla Jadi Kapten PersibSalah satu momen pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin 29 Agustus 2022. (Persib.co.id/Barly Isham)

Pun, Rian, sapaan karib Irianto, mengaku terkejut dengan keputusan Milla. Dia tak menyangka ban kapten akan melekat di tangannya.

"Saya terkejut, tapi harus menerima keputusan pelatih bahwa saya bisa memimpin rekan-rekan dalam tim," kata Irianto, mengutip laman resmi Persib.

Baca Juga: Persib Rekrut 2 Staf Pelatih Anyar, Siap Bantu Luis Milla

3. Milla tak punya alasan khusus

Respons Marc Klok Usai Tak Dipilih Luis Milla Jadi Kapten PersibDokumen Persib.co.id

Milla sendiri juga tidak memiliki alasan khusus dalam pilihannya soal kapten tim. Dia hanya mengikuti insting, tentang siapa yang cocok memimpin Persib ketika bersua RANS.

"Tidak ada alasan khusus. Itu sudah menjadi keputusan saya sebagai pelatih untuk menjuknya sebagai kapten tim di pertandingan tersebut," kata Milla mengutip laman resmi Persib.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya