Comscore Tracker

Rezaldi Hehanusa Berambisi Kembali Berseragam Timnas Indonesia

Persaingan di posisi bek kiri Timnas Indonesia dinilai berat

Jakarta, IDN Times - Bintang Persija Jakarta, Rezaldi Hehanussa, mengakui peluang balik ke Timnas Indonesia kecil untuknya. Namun demikian, dia tidak akan menyerah dan bakal kerja keras untuk kembali masuk skuad Garuda.

Ada beberapa faktor yang membuat Rezaldi sulit untuk kembali menembus Timnas Indonesia, yang sedang ditangani Shin Tae Yong. Salah satunya, adalah riwayat cedera yang dialaminya.

1. Butuh waktu panjang untuk kembalikan performa

Rezaldi Hehanusa Berambisi Kembali Berseragam Timnas IndonesiaPemain Persija, Rezaldi Hehanussa. (Foto: Instagram/rezaldihehanussa)

Kedua kaki Rezaldi sempat dihantam cedera tendon achilles. Dia harus naik meja operasi, dan mengakhiri Liga 1 musim lalu dengan cepat. Alhasil, dia hanya mengemas 13 penampilan saja.

Butuh waktu yang panjang bagi Rezaldi mengembalikan performanya. Sang pemain memang menargetkan selama enam bulan. Namun, upaya itu perlu disokong menit bermain yang banyak.

Maklum, begitu lama Rezaldi tidak melakoni kompetisi reguler. Fisik dan tekniknya pun dipastikan menurun, apalagi cederanya sangat parah.

"Setengah tahun buat saya lah. Mudah-mudahan bisa balik lagi kayak dulu," ujar Rezaldi di Jakarta Fair, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Asa Rezaldi Hehanusa Bangkit Bersama Persija Musim Ini

2. Persaingan posisinya di Timnas Indonesia cukup berat

Rezaldi Hehanusa Berambisi Kembali Berseragam Timnas IndonesiaInstagram/pratamaarhan8

Kecilnya kesempatan itu makin terasa karena Rezaldi tak dilirik Shin Tae Yong sebelum cedera. Namanya bukan pilihan, untuk mengisi posisi bek kiri dalam skema permainan Shin.

Sejak Shin menjabat pada 1 Januari 2020 lalu, tak sekalipun Rezaldi dipanggil dalam pemusatan latihan (TC). Justru, pelatih asal Korea Selatan itu berani mempercayakan posisi itu kepada anak muda bernama Pratama Arhan, yang kini merupakan penggawa Tokyo Verdy.

Namun, hambatan itu tak membuat Rezaldi patah semangat. Dia akan kerja keras, agar Shin Tae Yong melirik dirinya.

"Ya pasti lah saya mau coba bersaing lagi. Semua pemain pasti mau masuk ke Timnas, tapi saya harus berjuang dulu. Kita harus kerja keras lagi," ujar Rezaldi.

3. Rezaldi fokus dulu di Persija

Rezaldi Hehanusa Berambisi Kembali Berseragam Timnas IndonesiaPemain Persija, Rezaldi Hehanussa. (Foto: Instagram/rezaldihehanussa)

Piala Presiden menjadi turnamen pertama Rezaldi setelah menepi lama. Namanya kembali muncul dalam susunan pemain Persija, dengan nomor punggung baru, yakni tujuh. Nomor itu sebelumnya digunakan Hamdani Lestaluhu yang kini sudah hengkang.

Kini, fokus pemain berusia 26 tahun itu adalah mengembalikan performa terbaiknya dan membawa Persija lebih garang dari musim lalu. Apalagi, dia sedang adaptasi dengan taktik pelatih baru, Thomas Doll.

"Ya mudah-mudahan, dengan kerja keras, latihan dengan fokus insyallah kita bisa berkembang dengan pelatih asal Jerman," ujar Rezaldi.

Baca Juga: Usai Piala Presiden, Thomas Doll Pangkas Skuad Persija

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya