Ricardinho Kesulitan Saat Pertama Datang ke Indonesia 

Cuaca panas jadi kendala Ricardinho sulit beradaptasi

Jakarta, IDN Times - Bintang futsal dunia, Ricardinho mengaku sempat kesulitan berkarier di Indonesia. Sulit baginya saat pertama kali memperkuat Pendekar United dalam lanjutan Pro Futsal League 2021.

Sebagaimana diketahui, klub futsal yang digawangi Atta Halilintar ini melakukan gebrakan dengan mendatangkan pemain Timnas Portugal itu pada 6 Juni 2022. Dia diikat selama tiga musim, tetapi ada opsi perpanjangan kontrak jika kedua pihak merasa puas.

Walau mengaku kesulitan, pemain futsal terbaik dunia enam kali itu dia sudah bermain lima di laga Pendekar United dengan catatan tujuh assist dan sebiji gol.

1. Adaptasi Ricardinho tak berjalan mulus

Ricardinho Kesulitan Saat Pertama Datang ke Indonesia Aksi superstar Pendekar United, Ricardinho, dalam Pro Futsal League, Sabtu (18/6/2022) / Instagram @pendekarunited

Ricardinho mengaku jika perjalanan kariernya di Indonesia tidak berjalan mulus. Meski berstatus pemain futsal terbaik dunia, dia kesulitan untuk beradaptasi.

Bagaimana tidak, dia tidak melakoni latihan selama tiga bulan, karena sedang libur. Itu membuatnya harus kerja keras untuk mengembalikan performanya secepat mungkin.

"Saya sempat kesulitan untuk adaptasi. Saat sudah tidak latihan tiga bulan saat datang ke Indonesia," kata Ricardinho ketika ditemui IDN Times usai latihan bersama Pendekar United.

Baca Juga: Gaya Kocak Ricardinho saat Diserbu Fans

2. Ricardinho kesulitan dengan cuaca panas di Indonesia

Ricardinho Kesulitan Saat Pertama Datang ke Indonesia Subhan Faidasa, bersama Ricardinho dan penggawa lain Pendekar United. (Instagram/@subhanfaidasa)

Adaptasi itu diperburuk karena cuaca di Indonesia yang begitu panas untuknya. Maklum, ini jadi pengalaman pertamanya menginjakkan kaki di Indonesia. Sebelumnya dia selalu berkecimpung di kompetisi Eropa.

"Di sini sangat panas, dan itu jadi perbedaan besar," katanya, diikuti gelak tawa Ricardinho.

Ricardinho juga berjuang keras untuk beradaptasi. Hal itu diakui rekan satu timnya, Subhan Faidasa. Menurutnya, bintang asal Portugal itu latihan begitu keras, lebih dari penggawa Pendekar United lainnya.

"Dia disiplin dan sangat profesional. Malam sebelum pertandingan, dia latihan dan gym sendiri. Dia juga datang satu atau setengah jam sebelum latihan. Saat malam, orang lain istirahat, tapi dia ke gym. Orang lain istirahat dia latihan. Luar biasa pokoknya, patut kita contoh," ujar Subhan.

3. Ricardinho sudah semakin nyetel di Pendekar United

Ricardinho Kesulitan Saat Pertama Datang ke Indonesia Ricardinho dalam sesi latihan Pendekar United, Rabu (13/7/2022). (IDN Times/Tino)

Namun demikian, adaptasi itu berhasil dilewatinya dengan baik. Ricardinho mengaku kian nyetel di Pendekar United. Hal itu dibuktikan dengan lima pertandingan tanpa kekalahan, seperti tiga kemenangan dan dua kali imbang. 

Itu karena dukungan yang diberikan Subhan Faidasa dan kolega, serta sang pelatih Wahyu Trianto alias Bewe. Hanya saja, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dirampungkan.

"Tapi yang sangat penting, adaptasi sudah sangat bagus. Semua rekanku membantu, dan saya pikir kita sudah melakukan pekerjaan yang bagus. Namun, masih banyak yang harus saya lakukan," ujar Ricardinho.

Baca Juga: Ricardinho Mirip Ronaldo: Datang Latihan Sejam Lebih Awal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya