Roberto Carlos hingga Abidal Bakar Semangat Talenta Muda Indonesia

Lima legenda sepak bola dunia berikan motivasi

Jakarta, IDN Times - 'BRImo Future Garuda' menghadirkan lima legenda sepak bola dunia untuk memberikan motivasi kepada talenta muda Indonesia. Mereka membagikan pengalaman, yang diharapkan bisa membakar semangat calon pemain Timnas Indonesia U-16 ataupun senior itu.

Sederet legenda yang dihadirkan itu adalah Roberto Carlos (Brasil), Eric Abidal (Prancis), Sebastian Veron (Argentina) Marco Materazzi (Italia), dan Georgios Karagouis (Yunani).

"Ini alasan kami buat event ini. Kami ingin memberikan contoh untuk dipelajari anak-anak. Saya ingin pemain terbaik U-16 seleksi profesional setelah U-20 dan U-22," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di BRILian Stadium, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: 3 Bintang Argentina Pastikan Absen Lawan Timnas Indonesia

1. Roberto Carlos singgung mental

Roberto Carlos hingga Abidal Bakar Semangat Talenta Muda IndonesiaRoberto Carlos (realmadrid.com)

Mental menjadi hal yang disinggung Roberto Carlos. Mental yang tebal menjadi syarat utama kalau mau menjadi pemain hebat. 

Carlos juga menyinggung soal kemauan yang tinggi. Sebab, semasa mudanya, Carlos tumbuh dan besar di desa kecil. Dia melatih dan menerapkan apa yang ditonton hingga akhirnya menjadi bintang.

"Yang penting itu adalah jangan takut dan harus cepat belajar dari pemain senior lainnya. Di Brasil, kami selalu mempraktekan di latihan setelah melihat aksi dari pemain bagus," ujar Carlos.   

Baca Juga: Lionel Scaloni Ajak Lionel Messi untuk Hadapi Timnas Indonesia

2. Harus bersahabat dengan bola

Roberto Carlos hingga Abidal Bakar Semangat Talenta Muda IndonesiaMarco Materazzi (inter.it)

Materazzi justru memberikan motivasi yang agak unik. Arkhan Kaka dan kolega disuruh tidur bersama bola. Selain itu, dia juga mengingatkan agar pemain harus bisa menggunakan otaknya, bukan sekadar mengandalkan otot di atas lapangan.

"Tips dari saya, pertama harus tidur dengan bola. Pelatih harus mengingatkan kepada pemain, agar selalu bermain cerdas dan jangan terlalu banyak berlari. Karena, terlalu banyak air tanaman pun bisa layu," kata Materazzi. 

Baca Juga: Dipanggil ke Timnas Senior, Kiper PSM Reza Arya Bahagia Bukan Main

3. Latihan dan ibadah harus seimbang

Roberto Carlos hingga Abidal Bakar Semangat Talenta Muda Indonesiapotret Eric Abidal (fcbarcelona.com)

Di sisi lain, Abidal memberikan pesan yang religius. Untuk menjadi pemain hebat itu tidak boleh sombong. Ibadah dan latihan juga harus seimbang.

"Saya hanya bisa kasih satu nasihat. Percaya dengan Allah dan selalu bersyukur. Insya Allah, Allah akan membantu kalian. Apapun mimpi yang dikejar, Tuhan selalu bersama kita," ujar Abidal.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya