Ronald Koeman Balik Latih Belanda, Mau Bangkitkan Total Football

Koeman kembali jadi pelatih De Oranje

Jakarta, IDN Times - Ronald Koeman resmi diperkenalkan oleh Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) sebagai pelatih De Oranje, Selasa (24/1/2023). Ini adalah kesempatan kedua buat Koeman kembali melatih Belanda.

Memang, pada periode 2018 hingga 2020, Koeman sempat menangani Belanda. Namun, di pertengahan jalan, dia mundur dan memilih gabung ke Barcelona.

"Ini pekerjaan yang terhormat. Selama dua tahun menangani tim, saya merasa begitu bahagia. Kini, saya dapat kesempatan lagi, yang begitu spesial," ujar Koeman dikutip Ons Oranje.

1. Koeman mau Belanda tampil menghibur

Fokus Koeman sekarang adalah mengembalikan identitas Belanda sebagai tim yang main dengan agresif serta atraktif. Pria 59 tahun itu mau membuat Belanda main menyerang ala Total Football.

"Kami mencoba untuk bermain (menghibur) dan itu yang paling sulit dilakukan. Saya mau sepak bola menyerang yang bagus dan atraktif," ujar Koeman.

Baca Juga: Profil Wout Weghorst, Striker Belanda Pengganti CR7 di MU

2. Bidik hasil maksimal di kualifikasi Piala Eropa

Ronald Koeman Balik Latih Belanda, Mau Bangkitkan Total FootballTimnas Belanda merayakan gol Memphis Depay ke gawang Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu malam (3/12/2022). (twitter.com/OnsOranje)

Kualifikasi Piala Eropa 2024 pada Maret 2023 mendatang menjadi tugas pertama Koeman bersama Belanda. Dalam ajang nanti, dia berambisi mengukir rapor bagus.

"Langkah pertama, adalah kualifikasi Piala Eropa yang dimulai pada Maret mendatang. Saya sudah tak sabar," ujar Koeman.

3. Bukan kabar baru

Ronald Koeman Balik Latih Belanda, Mau Bangkitkan Total FootballRonald Koeman. (90min.com)

Sebenarnya, kembalinya Koeman menangani Belanda sudah diketahui sejak sebelum Piala Dunia 2022 digulirkan. Usai didepak Barcelona, Koeman diumumkan menjadi suksesor Louis van Gaal sejak April 2022 lalu.

Itu karena Van Gaal pada akhirnya memang tak mau lanjut melatih karena ingin beristirahat.

Baca Juga: 4 Pemain Belanda Pindah Klub Berkat Gacor di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya