Sandy Walsh Bisa Main di Piala AFF 2022, Jordi Amat Menunggu

Perpindahan federasi Sandy sudah rampung

Jakarta, IDN Times - PSSI telah mengumumkan kabar menyenangkan dari FIFA. Perpindahan federasi Sandy Walsh yang baru saja dinaturalisasi telah diterima pada Selasa (29/11/2022).

Kepastian itu didapat usai FIFA mengirim surat bernomor Ref FPSD-8308 dan ditandatangani oleh Erika Montemor selaku FIFA Head of Player's Status. Dengan begitu, Sandy dipastikan bisa tampil di Piala AFF 2022.

1. Optimisme Ketum PSSI meninggi

Sandy Walsh Bisa Main di Piala AFF 2022, Jordi Amat MenungguSandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Kehadiran Sandy di Timnas Indonesia langsung membuat optimisme Ketum PSSI, Mochamad Iriawan meninggi. Dia dinilai menjadi amunisi yang berharga untuk perhelatan Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

"Alhamdulillah, dengan ini Sandy Walsh sudah bisa melakoni pertandingan bersama Timnas Indonesia. Kami berharap dia dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dan Piala Asia mendatang," kata Iwan Bule (sapaannya) di situs resmi federasi.

Baca Juga: PSSI: GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

2. Bagaimana nasib Jordi Amat?

Sandy Walsh Bisa Main di Piala AFF 2022, Jordi Amat MenungguJordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebaliknya, Jordi Amat belum mendapat kepastian dari FIFA. Dia masih harus menunggu perpindahan federasinya rampung. Menurut Iriawan, dia akan menyusul Sandy dalam waktu dekat.

Padahal, Jordi dan Sandy dinaturalisasi secara bersamaan. Mereka sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) sejak 17 November 2022 lalu.

"Untuk proses perpindahan Jordi Amat tinggal menunggu waktu saja. Kami optimistis dalam waktu dekat FIFA akan memberikan keputusan terkait perpindahan federasinya," ujar Iwan Bule.

3. Sudah masuk dalam daftar TC

Keduanya juga tercantum dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae Yong untuk melakoni pemusatan latihan (TC) di Bali sejak Senin (28/11/2022) lalu. Namun, baru Sandy yang tergabung dalam latihan.

Jordi memang akan menyusul dalam waktu dekat. Dia terlambat datang karena membantu Johor Darul Takzim saat bersua Borussia Dortmund yang bertepatan dengan mulainya TC.

Baca Juga: Shin Tae Yong Panggil 28 Pemain Buat TC Piala AFF, Ada Sandy dan Jordi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya