Comscore Tracker

Selain Juara, Shin Tae Yong Usung Target Lain di Piala AFF U-19

Shin inginkan komposisi pemain terbaik di Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong mengusung sebuah misi di Piala AFF U-19 2022. Selain mencanangkan target juara, dia bisa memilih pemain berkualitas untuk membangun tim terbaik menuju Piala Dunia U-20 2023.

Skuad Garuda Muda sendiri bakal memulai langkahnya dalam ajang Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. Mereka akan menghadapi laga berat, karena langsung ditantang Vietnam.

1. Piala AFF U-19 penting untuk Timnas Indonesia

Selain Juara, Shin Tae Yong Usung Target Lain di Piala AFF U-19Timnas U-19 Indonesia. (pssi.org)

Shin berujar, Piala AFF kali ini sangat penting bagi Timnas Indonesia U-19. Mereka bisa mengasah kemampuannya sejak fase grup. Sebab, mereka tergabung di Grup A, yang notabene dihuni tim kuat seperti Thailand, dan Vietnam, selain ada Myanmar, Filipina hingga Brunei Darussalam yang jadi kuda hitam.

Turnamen kali ini jadi ajang bagus untuk uji coba seberapa jauh Garuda Muda bisa mengaplikasikan taktik yang Shin berikan. Sebab, kematangan tim sangat dibutuhkan jika tak mau jadi bahan bulan-bulanan tim lain di Piala Dunia U-20 yang digelar tahun depan.

"Memang ini penting karena kita tuan rumah, tetapi memang bisa dilihat juga kalau ini salah satu uji coba untuk Piala Dunia U-20 tahun depan," kata Shin.

Baca Juga: Jordi Amat ke JDT, Shin Tae Yong Pilih Bungkam

2. Shin targetkan juara Piala AFF U-19

Selain Juara, Shin Tae Yong Usung Target Lain di Piala AFF U-19Shin Tae Yong di konferensi pers Piala AFF U-19 2022, Jumat (1/7/2022). (IDN Times/Tino).

Optimisme Shin juga sangat tinggi. Dia begitu percaya dengan kualitas anak asuhnya meski tergabung di grup neraka. Alhasil, dia tak ragu mengusung target juara di Piala AFF U-19 kali ini.

Kendati begitu, ada satu hal yang dikhawatirkannya. Dia merasa, tim yang dihuni pemain muda acap kali menunjukkan performa yang tak stabil.

"Target saya selalu juara. Itu sangat baik dan itu bisa menjadi hal positif. Tapi ini usia masih muda, performa setiap bulannya bisa berubah. Sehingga ada tekanan bagi para pemain yang mengganggu mereka mengeluarkan performa terbaik," ujar Shin.

3. Piala AFF U-19 jadi momentum Shin pangkas pemain

Selain Juara, Shin Tae Yong Usung Target Lain di Piala AFF U-19Timnas Indonesia U-19, (Foto: Instagram/PSSI)

Shin juga memberikan ultimatum. Dia tak segan mencoret anak asuhnya yang gagal memperlihatkan kualitas terbaiknya. 

Tak pelak, Shin menuntut anak asuhnya untuk tampil maksimal di setiap laga. Amanah itu harus dijalankan oleh seluruh pemain jika tetap ingin tetap berlaga di Piala Dunia tahun depan.

"Kami harus cari pemain terbaik (di Piala AFF) untuk dimainkan di Piala Dunia U-20 tahun depan," ujar Shin.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya