Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Pemain Lagi

Shayne diproyeksikan main di Piala Asia 2023

Jakarta, IDN Times - Pemain keturunan Belanda, Shayne Pattynama, resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Status itu didapat setelah Shayne melakukan angkat sumpah WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Prosesi angkat sumpah dimulai pukul 17.08 WIB. Pemilik nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama itu mengenakan kemeja putih beserta dasi merah, dengan balutan jas, dan celana hitam. Shayne juga mengenakan peci hitam.

Pengangkatan sumpah dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam momen ini, Shaynetampak terlihat ikut bernyanyi.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan, dan berjanji, dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui tunduk dan setia kepada negara, kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang dasar negara Republik Indonesia 1945 dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh, serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas," kata Shayne mengikuti ucapan yang dituturkan saat pelantikan.

"Atas nama Tuhan Yang Maha Esa, Selasa 24 Januari 2023, saya Ibu Chuldun Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, dengan ini secara resmi menguhkuhkan atau melantik saudara sebagai Warga Negara Indonesia," kata Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun saat melantik Shayne.

Dengan begitu, Shayne menjadi pemain naturalisasi ketiga buat Timnas Indonesia di era Shin Tae Yong setelah Sandy Walsh dan Jordi Amat pada 17 November 2022 lalu. Piala Asia 2023 menjadi ajang terdekat untuk dirinya melakoni debut bareng Pasukan Garuda.

Baca Juga: Yoyok: PSIS Ingin Rekrut Shayne Pattynama, tapi Kemahalan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya