Shin Tae Yong Siap Hajar Jepang dan Vietnam di Piala Asia 2023

Mampukah Pasukan Garuda buat kejutan?

Jakarta, IDN Times - Petualangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dipastikan berjalan berat, karena tegabung di grup yang sulit. Namun, hal tersebut tak melunturkan optimisme pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Ya, Indonesia tergabung dengan Jepang, Irak dan Vietnam di Grup D Piala Asia 2023. Jepang menjadi lawan yang paling tangguh, karena tampil mengejutkan dan lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022.

"Tentu grup kami ini tidak mudah. Namun saya punya keyakinan penuh terhadap tim saya," kata Shin melansir situs resmi PSSI.

1. Shin mau dongkrak motivasi pemain

Shin Tae Yong Siap Hajar Jepang dan Vietnam di Piala Asia 2023Timnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Hal yang bakal digenjot Shin adalah mendongkrak motivasi dari anak-anak asuhnya. Kiat ini dinilai ampuh, untuk meningkatkan mental bertanding Pasukan Garuda di atas lapangan nanti.

"Saya akan menjaga para pemain agar tetap termotivasi, sehingga mereka bisa memberikan yang terbaik di setiap laga," ujar Shin Tae Yong.

Baca Juga: Logo Piala Asia 2023 Resmi Dirilis, Ini Filosofinya

2. Mau kasih bukti

Shin Tae Yong Siap Hajar Jepang dan Vietnam di Piala Asia 2023Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/japanfootballassociation)

Shin juga berharap Marc Klok dan kawan-kawannya bisa meledak saat beraksi di Qatar nanti. Pelatih asal Korea Selatan itu mau membuktikan bahwa Indonesia punya kualitas yang layak di perhitungkan.

"Kami memang tim dengan peringkat terendah dari semua kontestan. Walau begitu, kami akan berjuang hingga akhir," kata Shin.

3. Masih punya waktu persiapan yang panjang

Shin Tae Yong Siap Hajar Jepang dan Vietnam di Piala Asia 2023Timnas Vietnam. (twitter.com/soccervietnam)

Beruntung, juru taktik 52 tahun itu masih punya waktu yang panjang untuk berpetualang di Grup A. Sebab, turnamen baru dimulai pada 12 Januari 2024 mendatang.

Ada dua periode FIFA Matchday yang bisa dilakoni untuk mematangkan tim, yakni Juni dan November 2023 mendatang. Kabar baiknya, Pasukan Garuda disinyalir bakal menghadapi jawara Piala Dunia 2022, Argentina.

Baca Juga: Undian Piala Asia 2023: Indonesia Segrup dengan Mantan Juara

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya