Sudah Bakar Duit, Nasib Barcelona di Liga Champions Bisa Lebih Baik?

Barcelona bergabung di Grup C bersama Inter hingga Bayern

Jakarta, IDN Times - Cukup apes nasib Barcelona dalam undian babak penyisihan grup Liga Champions musim 2022/2023. Mereka harus bergabung di Grup C, yang notabene berstatus sebagai grup neraka.

Betapa sialnya, Blaugrana kembali harus bersua Bayern Munich yang kerap mempermalukan di musim-musim sebelumnya. Selain itu, tim asuhan Xavi Hernandez juga dipertemukan Inter Milan dan Viktoria Plzen.

Hanya Viktoria Plzen yang tercatat levelnya berada di bawah Barcelona dan bisa dijadikan lumbung poin. Sementara, Inter dan Bayern merupakan ancaman besar dalam peta kekuatan di Grup C.

1. Mampukah Barcelona bersinar dengan kekuatan barunya?

Sudah Bakar Duit, Nasib Barcelona di Liga Champions Bisa Lebih Baik?Pemain anyar Barcelona Raphinha. (fcbarcelona.com)

Musim lalu, Barcelona mengukir rapor buruk pada babak penyisihan grup Liga Champions. Bertemu Bayern Munich, Benfica, dan Dynamo Kyiv di Grup E, Blaugrana harus terlempar ke Europa League lantaran finis di tempat ketiga.

Mereka hanya bisa mengemas dua kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Yang paling mengecewakan, Barcelona cuma mampu mencetak dua gol, dan malah kebobolan sembilan kali.

Namun, musim lalu biarlah berlalu. Barcelona kini menatap Liga Champions dengan harapan baru. Sebab, Xavi Hernandez kini dibekali kedalaman skuad lebih baik, karena masuknya sederet pemain top Benua Biru.

Andreas Christensen, Franck Kessie, Robert Lewandowski, Jules Kounde, dan Raphinha jadi angin segar untuk membantu Barcelona merebutkan trofi 'Si Kuping Besar'. Sudah keluar duit banyak, malu rasanya jika gagal bersinar.

Baca Juga: Hasil Undian Liga Champions 2022/23, Barcelona Ketemu Bayern Lagi

2. Lewandowski jadi harapan Barcelona putus catatan kelam

Sudah Bakar Duit, Nasib Barcelona di Liga Champions Bisa Lebih Baik?Robert Lewandowski berseragam Barcelona. (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona memiliki catatan kelam jika bersua Bayern. Mereka sudah enam tahun jadi bulan-bulanan tim asal Jerman tersebut. Kemenangan terakhir yang diraih atas Bayern terjadi pada Mei 2015 silam.

Hingga saat ini, Barcelona dikalahkan Bayern lima kali secara beruntun. Hasil paling memalukan terjadi pada Agustus 2020 lalu, ketika Barcelona dibantai 2-8.

Hilangnya ketajaman jadi salah satu faktor terpuruknya Barcelona jika bertemu Bayern. Hanya saja, kini mereka memiliki sosok striker haus gol, yang berhasil dicuri dari Bayern, yakni Lewandowski.

Setidaknya, dia bisa memberikan harapan untuk membawa Barcelona memutus rekor jeblok saat bentrok dengan Bayern. Maklum, sang pemain juga diuntungkan, karena sudah tahu kekuatan calon lawannya itu. 

3. Keran gol Lewandowski sudah terbuka

Sudah Bakar Duit, Nasib Barcelona di Liga Champions Bisa Lebih Baik?Robert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Kini, tumpulnya Barcelona sudah teratasi dengan baik. Apalagi keran gol Lewandowski sudah terbuka lebar, usai mencetak dua gol dari dua penampilan di LaLiga musim ini.

Dengan hadirnya Lewandowski, mampu tidak ya Barcelona memperbaiki nasib di Liga Champions? Sepak terjang pemain Polandia di Camp Nou memang layak dinantikan.

Baca Juga: Lewandowski Mulai Sesumbar Kasih Gelar buat Barcelona

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya