Comscore Tracker

Tekuk Australia, Argentina Tantang Belanda di Perempat Final

Lionel Messi cetak gol lagi

Jakarta, IDN Times - Argentina sukses membungkam Australia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu dini hari WIB (4/12/2022). Menang 2-1 di Ahmad bin Ali Stadium, Albiceleste berhak menghadapi Belanda di perempat final.

Argentina memang sudah tampil mendominasi sejak peluit sepak mula dibunyikan. Meski terus menyerang pertahanan Australia, Albiceleste justru mandek dalam membangun serangan.

Tim asuhan Lionel Scolani sering kali buntu ketika mencapai sepertiga akhir lapangan. Karena itu, mereka begitu minim dalam menciptakan peluang.

Setelah mencoba segala upaya, kebuntuan Argentina akhirnya pecah juga pada menit 35. Lionel Messi mencetak gol dengan ciri khasnya. Dia merangsek ke area tengah dan melepas tembakan datar akurat ke pojok kiri gawang Australia.

Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama. Argentina unggul 1-0 dalam duel 45 menit awal.

Gaya bermain Argentina masih sama seperti babak pertama. Messi dan kolega lebih sering menguasai bola di lini tengah. Serangan yang mereka bangun kurang terorganisasi.

Meski begitu, tekanan yang mereka berikan mampu membuat barisan belakang Australia kewalahan. Matthew Ryan sampai melakukan blunder fatal, yang dimanfaatkan dengan cerdik oleh Julian Alvarez pada menit 57.

Ketika asyik menyerang, Argentina justru mendapat kejutan pada menit 77. Australia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 usai sepakan Craig Goodwin berbelok masuk ke gawang karena membentur wajah Enzo Fernandez.

Memasuki akhir laga, jual beli serangan tersaji dengan tempo yang cepat. Namun, kedua tim justru tumpul ketika berada di depan gawang. Argentina membuang 3 peluang bersih, sedangkan Australia membuang 1 peluang berharga.

Hingga peluit tanda berakhir dibunyikan, skor 2-1 untuk keunggulan Argentina bertahan. Albiceleste sudah ditunggu Belanda di perempat final Piala Dunia 2022.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya