Timnas Prancis Kalah, Juara Dunia Kesulitan di UEFA Nations League

Timnas Prancis dikalahkan Kroasia 0-1

Jakarta, IDN Times - Timnas Prancis secara mengejutkan keok di tangan Kroasia dalam lanjutan Grup A UEFA Nations League 2022, Selasa (14/6/2022). Bersua di Stade de France, Les Blues kalah 0-1.

Prancis kalah karena kesalahan mereka sendiri. Striker Kroasia, Ante Budimir dilanggar di kotak terlarang saat waktu pertandingan berusia lima menit. Luka Modric sukses menjadi eksekutor.

Baca Juga: UEFA Nations League: Spanyol Akhirnya Putus Catatan Buruk

1. Timnas Prancis kurang bergairah

Timnas Prancis Kalah, Juara Dunia Kesulitan di UEFA Nations Leaguetwitter.com/Raymond_Rxou

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, angkat bicara tentang kekalahan tersebut. Dia mengakui Kylian Mbappe dan kawan-kawan kurang bergairah. Di sisi lain, Les Bleus, julukan Prancis diklaim kurang beruntung.

Statistik pertandingan membuktikan tuan rumah memegang kendali jalannya duel. Prancis memegang 54 persen penguasaan bola, serta membuat 17 peluang. Sayang, tidak ada gol yang berbuah dari empat shots on target.

"Ini adalah periode yang sangat sulit bagi kami. Tidak ada energi atau kekuatan dari kami saat menghadapi lawan yang bertenaga. Kami juga tidak beruntung," kata Deschamps mengutip UEFA, Selasa (14/6/2022).

2. Timnas Kroasia diklaim tampil lebih efektif

Timnas Prancis Kalah, Juara Dunia Kesulitan di UEFA Nations LeaguePemain Timnas Kroasia rayakan gol Luka Modric ke gawang Timnas Prancis, Selasa (14/6/2022), (Foto: Twitter/HNS_CFF)

Deschamps juga menilai Kroasia datang dengan penuh ancaman. Luka Modric dan kolega tampil lebih atraktif ketimbang anak asuhnya. Pertahanan serta tingkat disiplin mereka mampu membuat tuan rumah frustrasi.

Gol yang dicetak Modric sejatinya cukup beruntung. Sebab, tim asuhan Zlatko Dalic hanya mampu mencatat empat peluang, namun tiga di antaranya sukses mengarah ke gawang.

"Kami menghadapi Kroasia yang sangat bagus, lebih dinamis. Bukan status kami sebagai juara dunia yang akan memenangkan pertandingan," ujar Deschamps.

3. Timnas Prancis lembek di UEFA Nations Legaue 2022

Timnas Prancis Kalah, Juara Dunia Kesulitan di UEFA Nations Leagueskysports.com

Kekalahan ini membuat Prancis pasrah menjadi juru kunci di Grup A, dengan perolehan dua poin. Dari empat laga, Prancis terlihat kesulitan. Buruknya lagi mereka belum pernah menang, dengan rincian dua imbang dan dua kalah.

Produktivitas gol Les Blues juga kurang mentereng. Dari empat laga, tim berstatus juara bertahan Piala Dunia itu hanya mengoleksi tiga gol.

Baca Juga: Skema Spanyol Makin Matang di UEFA Nations League

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya