Timnas U-20 Bakal Ikut Mini Turnamen, Ini 3 Calon Lawannya

Bentuk uji coba sebelum Piala Asia U-20 2023

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 bakal melakoni mini turnamen sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023. Mereka bakal menjajal kekuatan Fiji, Guatemala dan Republik Dominika dalam ajang tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong, mini turnamen itu nantinya bakal digelar di Jakarta, 17-22 Februari 2023. Hal itu dilakukan demi mematangkan tim menuju Piala Asia yang bakal bergulir pada 1-18 Maret.

"Tiga bulan lalu saya sudah minta (PSSI) agar bisa diadakan mini turnamen di Jakarta, lawan Fiji, Guatemala dan Republik Dominika. Setahu saya, sudah ada persetujuan dari Menpora (Zainudin Amali) untuk mengadakan ini," kata Shin Tae Yong selepas latihan Timnas U-20 di Senayan, Rabu (8/2/2023).

1. Shin masih bingung karena tak semua pemain bisa ikut TC sesuai jadwal

Timnas U-20 Bakal Ikut Mini Turnamen, Ini 3 Calon LawannyaLatihan Timnas Indonesia U-20 di Senayan, Rabu (8/2/2023). (IDN Times/Tino).

Hanya saja, Timnas U-20 masih memiliki kendala jelang melakoni mini turnamen. Para pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan (TC) belum komplet.

Maklum, Persija Jakarta dan Persib Bandung belum melepaskan seluruh pemain yang dipanggil Shin. Persija masih belum melepas empat pemain, sedangkan Persib tiga.

"Ada mini turnamen di Jakarta, tapi Persija (dan Persib) belum lepas. Saya tidak mengerti kenapa belum dilepas," kata Shin.

Baca Juga: Timnas U-20 Indonesia Minta Marselino Ferdinan Pulang 

2. Sudah ada kabar baik dari Persib

Timnas U-20 Bakal Ikut Mini Turnamen, Ini 3 Calon LawannyaIndra Sjafri, Shin Tae Yong dan Mochamad Iriawan disela-sela latihan Timnas Indonesia U-20, Rabu (8/2/2023). (IDN Times/Tino).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri memberikan kabar baik. Shin bakal kedatangan tiga pemain Persib yang dilepas, yakni Kakang Rudianto, Robi Darwis dan Ferdiansyah Cecep Surya, dikabarkan bergabung dalam TC pada malam ini.

"Kayaknya tiba nanti malam," kata Indra ketika ditemui di sela-sela latihan Timnas U-20.

3. Persija punya syarat lepas pemainnya

Timnas U-20 Bakal Ikut Mini Turnamen, Ini 3 Calon LawannyaPotret Thomas Doll di pinggir lapangan. (dok. Persija)

Indra juga menyebut bahwa Persija memiliki persyaratan untuk melepas pemainnya yang belum bergabung ke TC, seperti Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico dan Cahya Supriadi. Hal tersebut pun dibenarkan Shin.

Pelatih Persija, Thomas Doll, meminta sejumlah pemainnya dilepas sehari sebelum Persija bertanding di kandang. Maklum, empat pemain tersebut kerap menjadi andalan Doll dalam skema permainan Persija.

"Ada beberapa opsi yang kami dan Persija berikan. Ada satu masalah, seperti Cahya minta dilepas dari timnas H-1 sebelum Persija tanding. Kita pun mengerti karena dia kiper nomor kedua Persija," kata Shin.

Baca Juga: Persija dan PSSI Akhirnya Bertemu, Tak Ada Shin Tae Yong

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya