Timnas Wanita Digasak Thailand, Rekor Buruk Berlanjut

Sudah 12 kali kalah beruntun

Jakarta, IDN Times - Timnas Wanita Indonesia kalah telak dari Thailand di Piala AFF Wanita 2022, Senin (4/7/2022). Berlaga di Stadion City of Imus Grandstand, Garuda Pertiwi dibantai dengan skor 0-4, memperpanjang catatan buruknya di pentas internasional.

Kekalahan ini juga bak deja vu kala keduanya berduel di penyisihan Grup B Piala Asia 2022, karena skornya serupa. Dengan hasil ini, Timnas wanita sudah kalah 12 kali secara beruntun di sejumlah ajang.

"Kekalahan yang kami terima dari Thailand sama dengan saat tampil di Piala Asia. Kami belajar banyak," kata pelatih Timnas wanita, Rudy Eka Priyambada, dikutip situs resmi PSSI.

1. Berawal dari gol cepat

Timnas Wanita Digasak Thailand, Rekor Buruk BerlanjutTimnas Wanita Indonesia vs Thailand, Senin (4/7/2022). (dok. PSSI)

Thailand tampil sangat percaya diri. Mereka mendominasi, dan serangan yang dibangun sangat efektif. Bagaimana tidak, Indonesia sudah tertinggal 0-2 saat pertandingan baru berusia 10 menit.

Gawang Prihatini dijebol pada menit ketiga dan kesepuluh. Garuda Pertiwi ditekan habis, dan sulit untuk mengembangkan permainan.

"Saya memainkan banyak pemain muda malam ini dengan tujuan memberikan mereka jam terbang. Ini adalah proses yang harus kami lakukan, membiasakan mereka merasakan atmosfer pertandingan yang sesungguhnya," ujar Rudy.

Baca Juga: Timnas Wanita Jadi Bulan-bulanan di Piala Asia, Rudy Eka Minta Maaf

2. Banyak yang gugup

Timnas Wanita Digasak Thailand, Rekor Buruk BerlanjutTimnas Wanita Indonesia vs Thailand, Senin (4/7/2022). (dok. PSSI)

Thailand begitu moncer pada laga kemarin. Mereka tak membiarkan tim asuhan Rudy Eka Priyambada mendapatkan momentum.

Hingga akhirnya, pada menit 69 dan 88, Thailand mencetak dua gol beruntun. Laga pun berakhir dengan skor 0-4 untuk kekalahan Indonesia.

"Para pemain terlihat gugup di babak pertama yang menyebabkan tim kebobolan dua gol dalam waktu 10 menit. Mungkin, karena ada beberapa pemain baru di tim ini jadi mereka gugup. Tapi, mereka bermain baik di babak kedua bahkan menciptakan beberapa peluang," ujar Rudy.

3. Tantangan berat menanti

Timnas Wanita Digasak Thailand, Rekor Buruk BerlanjutSesi latihan Timnas Wanita Indonesia. (Foto: instagram/PSSI)

Setelah Thailand, Timnas wanita juga sudah ditunggu dua lawan kuat. Malaysia dan Australia sudah menanti Timnas wanita. Menghadapi Australia, Timnas wanita sebenarnya punya trauma tersendiri. Sebab, pada Piala Asia 2022, Timnas wanita sempat dibantai Australia 0-18.

"Memang hari ini kami kalah, tapi secara permainan saya rasa sudah bagus karena kami bermain lebih berani. Setidaknya kami bisa mengimbangi Thailand. Jika dibanding Piala Asia kemarin, mereka jauh lebih menekan. Mereka terlihat lebih menahan diri sekarang," ujar kapten Timnas wanita, Helsya Maeisyaroh.

Baca Juga: Piala Asia Jadi Pengalaman Berharga Timnas Wanita Meski Babak Belur

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya