Comscore Tracker

Van Gaal Tertawa saat Ditanya Cara Hentikan Messi: Kami Tak Bodoh

Van Gaal masih rahasiakan rencananya

Jakarta, IDN Times - Pelatih Belanda, Louis van Gaal, terlihat sudah memiliki cara buat mematikan Lionel Messi dalam duel kontra Argentina di perempat final Piala Dunia 2022. Namun, Van Gaal enggan menjawab secara spesifik cara apa yang akan ditempuhnya untuk mematikan Messi di Lusail Iconic Stadium, Sabtu dini hari WIB (10/12/2022).

"Kami tak akan mengungkap segala rencana kepada Anda. Sangat bodoh jika kami lakukan. Tapi, sebenarnya tak sulit untuk memberikan jawaban soal cara bagaimana menghentikannya," kata Van Gaal sambil tertawa dilansir Goal International.

Baca Juga: Awas, Lionel Messi Suka Jalan Kaki di Piala Dunia 2022

1. Jawaban sederhana Van Gaal

Van Gaal Tertawa saat Ditanya Cara Hentikan Messi: Kami Tak BodohVirgil van Dijk dan Louis van Gaal di Piala Dunia 2022 (instagram.com/onsoranje)

Van Gaal cuma memberikan dua jawaban sederhana terkait cara menghentikan Messi. Bagi Van Gaal, para pemain Belanda cukup menghentikan aliran bola dan ruang yang dimiliki Messi.

"Kami mungkin akan memblokir dan menutup garis operannya. Tapi, saya belum terlalu yakin dengan ini," kata Van Gaal.

2. Messi sulit dihentikan

Van Gaal Tertawa saat Ditanya Cara Hentikan Messi: Kami Tak BodohLionel Messi sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia (instagram.com/leomessi)

Sebenarnya, Messi sempat nyaris dihentikan kala Argentina jumpa Polandia. Para pemain Polandia terlihat memberikan pengawalan spesial buat Messi.

Bahkan, Robert Lewandowski sampai sukarela turun demi menghentikan laju Messi. Tapi, tetap saja, La Pulga bisa keluar dari tekanan.

Memang, Messi tak bisa cetak gol atau kasih assist. Tapi, dia mampu mengatur permainan dan membuka ruang buat pemain lain cetak gol. Hingga akhirnya, Messi mampu menjadi pemain dengan rating tertinggi di laman WhoScored, 8,2.

Baca Juga: Peringatan Dini Buat Belanda soal Bahaya Lionel Messi

3. Messi punya mode berbahaya

Van Gaal Tertawa saat Ditanya Cara Hentikan Messi: Kami Tak BodohLionel Messi, kapten Argentina, usai mencetak gol ke gawang Australia di Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu (4/2/2022) dini hari WIB. (twitter.com/Argentina)

Messi menyimpan fakta menarik dalam penampilannya di Piala Dunia 2022. Dalam sebuah statistik yang dirilis The Athletic, Messi jadi pemain yang paling sering jalan kaki selama fase grup, dengan daya jelajah 4,6 km.

Hanya saja, Belanda agaknya perlu waspada jika Messi sedang berjalan santai. Itu merupakan mode berbahaya darinya yang tengah mengamati celah di pertahanan lawan.

"Ketika dia berjalan kaki, itulah momen yang paling saya suka. Bukan berarti dia tidak berkontribusi, justru saat dia sedang terlibat dalam permainan. Dia menggerakkan kepalanya, ke kiri dan ke kanan. Dia tahu apa yang akan terjadi," ujar Guardiola dilansir Give Me Sport.

Apa yang diucapkan Guardiola senada dengan pengalaman dari bek Belanda, Ron Vlaar. Kepada IDN Times, Vlaar mengakui Messi begitu berbahaya, meski bola dipegang oleh lawan.

"Ketika bola kami kuasai, dia selalu mencari ruang kosong. Nantinya, ruang kosong itu baru dimanfaatkan olehnya, ketika bola berada di kaki atau rekan setimnya," kata Vlaar.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya