Waketum PSSI Jelaskan Pertemuan Erick Thohir dengan FIFA

Buat bidding tuan rumah Piala Dunia U-17?

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, angkat suara perihal pertemuan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan FIFA. Permintaan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 ternyata bukan jadi prioritas.

Fokus pertemuan Erick dengan FIFA adalah untuk meminimalkan sanksi atas batalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu bertolak ke Eropa pada Senin, 3 April 2023 malam WIB.

"Yang paling utama sih soal bagaimana kita tidak dihukum berat. Kemudian baru yang lain-lain. Kalau kita sudah duhukum, kan enggak ada lagi kesempatan," kata Amali saat ditemui di Kantor PSSI, Selasa (4/4/2023).

1. Erick sampaikan rencana sepak bola Indonesia

Waketum PSSI Jelaskan Pertemuan Erick Thohir dengan FIFAMenteri BUMN, Erick Thohir, saat berbincang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Instagram/@erickthohir).

Amali menyebut, Erick akan memaparkan visi dan misi PSSI dalam memajukan sepak bola Indonesia. Harapnya, Indonesia tidak mendapatkan sanksi agar transformasi sepak bola Indonesia bisa berjalan lancar.

Indonesia sudah punya modal bagus agar hanya mendapat sanksi ringan. Sebab, FIFA sudah berkomitmen untuk tetap membantu transformasi peningkatan sepak bola Indonesia.

"Pak Erick akan menyampaikan rencana kita ke depan (kepada FIFA). Kalau kena sanksi terlalu berat, maka rencananya kan enggak bisa berjalan. Di surat FIFA kan sudah jelas, mereka berkomitmen tetap membantu transformasi," ujar Amali.

Baca Juga: Soal Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Dito Tunggu Pertemuan PSSI-FIFA

2. Erick bawa dokumen pendukung

Waketum PSSI Jelaskan Pertemuan Erick Thohir dengan FIFAKetum PSSI, Erick Thohir dalam jumpa pers FIFA Matchday, Jumat (10/3/2023). (IDN Times/Tino).

Eks Menpora itu juga memaparkan bahwa Erick membawa sejumlah dokumen untuk meyakinkan FIFA. Dokumen itu berisi soal perencanaan sepak bola, pembinaan usia dini, peningkatan kualitas kompetisi, dan infrastruktur.

"Ya yang dibawa perencanaan, pembinaan usia dini, kompetisi, infrastruktur, seperti itu," ujar Amali.

3. Ogah sepak bola Indonesia dikucilkan

Waketum PSSI Jelaskan Pertemuan Erick Thohir dengan FIFATimnas U-20 lawan Suriah di Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Amali menyebut, Erick akan berusaha maksimal untuk menjalankan mandat dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Yakni agar sepak bola Indonesia tak dikucilkan di mata dunia.

"Utamanya juga bagaimana kita tidak terkucilkan. Kita berharap pak Erick bisa menjalankan misi dan penugasan dari Presiden," kata Amali.

Baca Juga: Imbas Kisruh Piala Dunia U-20, PSSI Khawatir Disanksi FIFA

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya