Wasit Tak Becus, Thomas Doll Sentil PSSI

Sikutan Arthur Bonai cuma diganjar kartu kuning oleh wasit

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, menyindir PSSI terkait kinerja wasit Faulur Rosy yang tak becus saat mengambil keputusan dalam laga kontra RANS Nusantara FC, Sabtu (20/8/2022). Doll menilai dalam duel itu wasit sudah salah ambil keputusan.

Apa yang dimaksud Doll adalah ketika wasit cuma kasih kartu kuning kepada Arthur Bonai usai menyikut bek Persija, Ondrej Kudela, hingga berdarah. Doll menyayangkan wasit Faulur Rosy tak memberikan kartu merah kepada Bonai.

"Seharusnya tidak seperti ini. Kalau di Eropa, pemain seperti itu bisa langsung dikeluarkan," kata Doll.

Baca Juga: Senyum Lebar Thomas Doll Jelang Lawan Persita

1. Kudela sampai dijahit wajahnya

Wasit Tak Becus, Thomas Doll Sentil PSSIPelatih Persija, Thomas Doll, bersama Syahrian Abimanyu di konferensi pers jelang bersua Persita, Selasa (23/8/2022). (IDN Times/Tino)

Sikutan Bonai ternyata membuat Kudela babak belur. Dia harus menerima tiga jahitan dan sakit kepala usai laga.

Kudela, ketika diperiksa di rumah sakit, juga mengalami memar dan sempat dikhawatirkan absen lawan Persita Tangerang, Rabu (24/8/2022).

Beruntung, dia bisa pulih. Pada sesi latihan jelang laga, Kudela sudah terlihat bersama tim

"Saya tak terima karena Kudy (sapaan Kudela) harus mendapatan tiga jahitan. Dia pun merasa pusing. Saya juga harus cek apakah ada cedera lain yang dialami olehnya karena sikutan itu terlalu keras," ujar Doll dalam konferensi pers jelang bersua Persita, Selasa (23/8/2022).

2. Doll sentil PSSI

Wasit Tak Becus, Thomas Doll Sentil PSSILogo PSSI. (Website/pssi.org)

Doll juga menyentil PSSI. Kinerja wasit macam ini, menurut Doll, harus dibenahi. Makanya, dia berharap PSSI bisa mengambil tindakan tegas terhadap Bonai dan wasit Faulur Rosy.

"Saya berharap federasi (PSSI) bisa adil karena banyak anak-anak yang menyaksikan di televisi. Seharusnya tidak seperti ini. Kalau di Eropa, pemain seperti itu bisa langsung dikeluarkan," tegas Doll.

3. Doll menanti permintaan maaf Bonai

Wasit Tak Becus, Thomas Doll Sentil PSSIPemain asing Persija Jakarta, Ondrej Kudela. (Foto: instagram/persija)

Pun, Doll menyayangkan sikap Bonai yang tak menghampiri ruang ganti Persija seusai laga untuk meminta maaf atas perbuatannya. Bonai dicap tak memiliki sikap fair play.

"Pemain RANS itu (Bonai) juga tidak mendatangi ruang ganti untuk meminta maaf. Pemain saya sampai dibawa ke rumah sakit karena mendapat tiga jahitan," sindir Doll.

Baca Juga: Awas Persija, Persita Incar Korban Keempat

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya