Comscore Tracker

Witan Sulaeman: Terima Kasih Shin Tae Yong!

Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023

Jakarta, IDN Times - Witan Sulaeman tak bisa membendung rasa bahagianya usai mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. Saking bahagianya, Witan tak mampu menahan emosinya kala sesi konferensi pers.

Secara terang-terangan, Witan melayangkan rasa terima kasihnya kepada pelatih Indonesia, Shin Tae Yong. Menurut Witan, Shin merupakan tokoh utama di balik kelolosan Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

"Semua sangat senang, bahagia. Saya hanya berucap Alhamdulillah dan berterima kasih kepada staf pelatih, terutama coach Shin. Terima kasih sudah membawa kami ke Piala Asia!" kata Witan usai laga.

Baca Juga: Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!

1. Shin Tae Yong berikan dampak besar

Witan Sulaeman: Terima Kasih Shin Tae Yong!Dokumentasi PSSI / Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong

Indonesia memang menunjukkan grafik perubahan di bawah arahan Shin. Etos kerja pemain menjadi lebih tinggi karena Shin mengubah pola permainan dengan bertumpu pada sistem sepak bola menekan.

Memang, hasilnya tak instan. Beberapa kali Indonesia harus menelan pil pahit, gagal di sejumlah ajang. Namun, lolos ke Piala Asia tahun depan jadi salah satu buah manis yang dipetik dari proses panjang tersebut.

Ini adalah kali pertama Indonesia tampil di Piala Asia setelah menunggu 15 tahun. Sudah tentu, Shin dipertahankan agar bisa memoles Indonesia lebih matang.

"Dengan kualifikasi ini, kami akan tumbuh lebih cepat, terbang kian tinggi, dan berusaha untuk menjadi tim kuat," ujar Shin.

2. Berkat jerih payah penggawa Timnas Indonesia

Witan Sulaeman: Terima Kasih Shin Tae Yong!Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai jebol gawang Nepal dan lolos ke Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Keberhasilan ini tentu juga berkat jerih payah semua pemain di atas lapangan. Mereka berjuang habis-habisan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Shin menilai sebenarnya titik balik Indonesia adalah kala mengalahkan Kuwait. Setelahnya, jalan Pasukan Garuda makin mulus.

Meski sempat dikalahkan Yordania, kepercayaan diri para pemain Indonesia tak luntur, menurut Shin. Pun, Witan mengamininya.

"Bagi saya, kemenangan ini berkat kerja keras tim. Kami bekerja bersama-sama. Kemenangan ini sangat penting karena kami pada akhirnya bisa lolos ke Piala Asia," ujar Witan.

3. Kualitas harus ditingkatkan

Witan Sulaeman: Terima Kasih Shin Tae Yong!Timnas Indonesia. (dok. PSSI)

Dengan lolos ke Piala Asia, Indonesia masih punya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Saddil Ramdani dan kawan-kawan harus segera berbenah untuk meningkatkan kualitas di atas lapangan.

Fisik, teknik, dan mental harus segera ditingkatkan. Mengingat, lawan mereka nanti memiliki level yang jauh di atas pesaing sepanjang kualifikasi. Lihat saja, di putaran final nanti ada Jepang, Australia, hingga Korea Selatan, yang sudah jadi langganan dalam ajang Piala Dunia.

Baca Juga: Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya