5 Alumni Timnas Italia Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih 2022/2023

Penuh dengan nama bintang dunia sepak bola

Pada gelaran Piala Dunia 2006, Timnas Italia berhasil menjadi juara setelah pada laga final mengalahkan Prancis secara dramatis pada babak adu penalti. Saat itu Gli Azzurri banyak dihuni oleh nama-nama bintang yang mempunyai kontribusi luar biasa di lapangan.

Para penggawa Italia pada tahun 2006 ini hampir semua sudah pensiun dan melanjutkan karier yang tidak jauh dari sepak bola. Beberapa memilih untuk menjadi seorang pelatih karena sudah mempunyai pengalaman dalam olahraga tersebut.

Siapa saja mantan penggawa Timnas Italia tahun 2006 di Piala Dunia 2006 yang sekarang berkarier sebagai pelatih? Yuk mari simak ulasan di bawah ini.

1. Gennaro Gattuso (Valencia CF)

https://www.youtube.com/embed/-3RPhebHmso

Gennaro Gattuso adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ketika masih aktif bermain sepak bola. Dirinya juga dikenal dengan permainan yang mempunyai fisik kuat sehingga mendapat julukan Rino atau yang berarti Badak. Gattuso akhirnya memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya pada tahun 2013 yang lalu.

Mantan pemain kelahiran Corigliano Calabro ini memutuskan untuk menjadi pelatih pada tahun 2013. Gennaro Gattuso langsung membesut FC Sion dan sebagai penanda awal kariernya di dunia kepelatihan sepak bola. Tak hanya itu, dirinya juga sudah pernah menjadi juru taktik beberapa tim top Eropa. 

Pada 2022/2023, Gennaro Gattuso melanjutkan karier kepelatihannya di Spanyol dengan menangani Valencia. Ia dikontrak hingga 2024 mendatang. Untuk sementara ia membawa Los Che berada pada papan tengah di kompetisi LaLiga.

2. Fabio Cannavaro (Benevento Calcio)

https://www.youtube.com/embed/7_mrZh75p_0

Fabio Cannavaro merupakan seorang bek ketika masih aktif bermain sepak bola. Namanya melambung ketika bermain membela Juventus. Ia juga mempunyai jiwa kepemimpinan sehingga sering ditunjuk sebagai kapten tim. Pemain kelahiran Napoli ini banyak memperkuat klub top di Eropa. Pada masa akhir kariernya sebagai pesepak bola, ia memilih bermain di Asia dan pensiun pada 2012 yang lalu.

Tak butuh waktu lama, Fabio Cannavaro ditunjuk sebagai asisten pelatih dari Shabab Al-Ahli Dubai FC pada 2013. Ia lalu bertualang dengan menangani beberapa klub di Asia. Pada 2022/2023, ia kembali ke Italia dengan menjadi juru taktik dari tim Serie B, Benevento Calcio dan mendapat kontrak hingga 2024 mendatang. Sejauh ini Cannavaro membawa klub asuhannya berada di papan tengah pada kasta kedua kompetisi di Italia tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Andrea Pirlo Gagal Selama di Juventus

3. Andrea Pirlo (Fatih Karagumruk SK)

5 Alumni Timnas Italia Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih 2022/2023Andrea Pirlo (twitter.com/karagumruk_sk)

Andrea Pirlo adalah mantan gelandang bertahan legendaris asal Italia. Ketika masih aktif bermain, ia dikenal pandai menyeimbangkan permainan di lini belakang dan depan saat di lapangan. Tidak hanya itu, pemain kelahiran Flero ini mempunyai visi bermain yang baik sehingga sering memberikan umpan yang memanjakan rekan satu tim. Hal tersebut membuatnya banyak bermain di klub raksasa. Pada 2018, Pirlo memutuskan pensiun di kompetisi MLS dengan membela New York City FC.

Berselang tiga tahun, Andrea Pirlo dipercaya oleh Juventus untuk menjadi juru taktik di tim U-23. Penampilan impresifnya ternyata membuat La Vecchia Signora akhirnya menjadikannya pelatih skuad utama. Pirlo tampaknya masih membutuhkan waktu lagi sehingga kurang berhasil menangani klub asal Italia tersebut.

Pada 2022/2023, Andrea Pirlo menerima tawaran tim asal Turki, Fatih Karagumruk SK dengan durasi kontrak hingga 2023 mendatang. Pelatih asal Italia ini untuk sementara membawa klubnya berada di papan tengah Super Lig.

4. Daniele De Rossi (SPAL)

5 Alumni Timnas Italia Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih 2022/2023Daniele De Rossi (twitter.com/spalferrara)

Daniele De Rossi merupakan gelandang bertahan yang berasal dari akademi sepak bola AS Roma. Ia sangat setia membela I Giallorossi dan sudah ikut mempersembahkan beberapa gelar domestik. De Rossi juga sempat menjadi kapten tim setelah Francesco Totti memutuskan untuk pensiun. Pada akhir kariernya sebagai pemain ia memutuskan untuk pergi ke Argentina untuk membela Boca Juniors dan menutup perjalanannya sebagai pesepak bola profesional pada 2020.

Mantan pesepak bola kelahiran Roma ini kemudian berkarier di dunia kepelatihan dan berhasil mendapat tugas pertama dengan menjadi Pelatih Teknik Timnas Italia pada 2021. Musim 2022/2023, Daniele De Rossi dipercaya untuk menangani SPAL dan mendapatkan kontrak hingga 2024 mendatang. Ia masih berjuang membawa klubnya tersebut untuk keluar dari papan bawah Serie B.

5. Filippo Inzaghi (Reggina 1914)

https://www.youtube.com/embed/gYP2UQaVqsA

Filippo Inzaghi merupakan penyerang legendaris asal Italia. Kariernya dihabiskan dengan membela beberapa klub asal Italia. Ketika masih aktif bermain, ia dikenal pandai mengelabui jebakan offside lawan dan mempunyai penempatan posisi yang baik sehingga memudahkannya untuk mencetak gol ketika pertandingan. Pemain yang akrab dipanggil Pippo ini akhirnya memutuskan pensiun bersama AC Milan pada 2012 yang lalu.

Mantan penyerang yang satu ini kemudian memutuskan berkarier sebagai pelatih. Dirinya langsung dipercaya oleh AC Milan untuk melatih beberapa kategori kelompok usia dan bahkan sempat menangani skuad utama Rossoneri. Inzaghi kemudian melanjutkan perjalannya dengan menangani berbagai klub di Italia.

Pada 2022/2023, Filippo Inzaghi bergabung dengan Reggina 1914 dan mendapat kontrak hingga 2025 mendatang. Pelatih kelahiran Piacenza ini sukses membawa klubnya tersebut berada di papan atas Serie B dan jika hal tersebut konsisten sampai akhir musim, bukan hal yang mustahil Reggina promosi ke Serie A.

 

Kelima mantan pemain yang membawa Timnas Italia Juara Piala Dunia 2006 tersebut memutuskan untuk melanjutkan kariernya sebagai seorang pelatih. Pengalaman mereka selam menjadi pesepak bola tentu menjadi bekal yang luar biasa ketika mendapat kepercayaan untuk menjadi juru racik strategi sebuah tim. Menurut kalian, dari beberapa nama di atas, manakah yang akan bersinar sebagai pelatih?

Baca Juga: Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya