7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan Mata

Sebagian besar masih di kompetisi top Eropa

Valencia adalah salah satu tim raksasa yang bermain di LaLiga Spanyol pada 2022/2023. Klub yang bermarkas di Mestalla tersebut sudah pernah merasakan berbagai gelar domestik dan Eropa.

Selain mempunyai prestasi cemerlang, Valencia juga sering merekrut dan mengorbitkan bintang dengan bakat luar biasa. Pada 2022/2023, ada beberapa mantan penggawa Los Che yang masih aktif tampil di berbagai liga.

Siapa saja mantan penggawa yang dimaksud? Berikut ini ulasannya!

1. Joao Cancelo

7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan MataJoao Cancelo (twitter.com/valenciacf)

Joao Cancelo adalah bek kanan yang saat ini tengah membela Bayern Munich. Pemain asal Portugal tersebut pernah bermain untuk Valencia dengan status pinjaman dari Benfica pada musim panas 2014. Hanya berselang semusim, dia resmi dipermanenkan bersama Los Che.

Cancelo perlahan mampu mendapat kepercayaan pelatih sehingga sering dipasang menjadi starter. Selain mempunyai kemampuan bertahan yang baik, dia juga kerap membantu penyerangan Valencia.

Pesepak bola 28 tahun tersebut lantas tampil bersama Valencia sebanyak 91 kali dengan menyumbang 4 gol dan 9 assist. Cancelo memilih hengkang setelah mendapat tawaran dari Juventus pada musim panas 2018.

2. Juan Mata

7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan MataJuan Mata (uefa.com)

Juan Mata merupakan gelandang serang kreatif yang saat ini membela Galatasaray. Dia adalah produk akademi Real Madrid. Belum sampai menembus skuad utama, pemain asal Spanyol tersebut memilih hengkang secara gratis ke Valencia pada musim panas 2007.

Mata berhasil menjelma menjadi sosok penting di lini tengah Valencia. Dia mempunyai visi permainan yang luar biasa. Selain itu, mantan penggawa Timnas Spanyol ini juga memiliki naluri mencetak gol yang baik.

Gelandang 35 tahun ini sudah tampil dalam 174 laga dengan membuat 46 gol dan 52 assist bersama Valencia. Performa Juan Mata tersebut membuat banyak tim besar Eropa tertarik untuk merekrut. Dia akhirnya memilih bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2011.

3. David Silva

https://www.youtube.com/embed/BIO19DQLxUs

David Silva adalah gelandang serang veteran yang masih aktif bermain dengan membela Real Sociedad. Dia ternyata merupakan produk akademi dari Valencia. Silva tampil di berbagai tingkat umur dan mendapat promosi ke skuad utama pada 2004.

Kariernya tidak langsung mulus bersama Valencia. David Silva pernah dipinjamkan ke beberapa tim untuk membuat permainannya makin matang. Benar saja, dia bisa menunjukkan permainan terbaik dan menjadi andalan Los Che di lini tengah saat kembali.

Silva sudah bermain untuk Valencia dalam 168 pertandingan dengan membuat 32 gol dan 36 assist. Performa luar biasanya ternyata mendapat perhatian beberapa tim Eropa. Dia lantas memilih berlabuh ke Manchester City pada musim panas 2010.

Baca Juga: 5 Penyerang yang Pernah Dipinjam Chelsea, Ada Joao Felix

4. Luis Nani

7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan MataLuis Nani (twitter.com/Valenciacf)

Nani merupakan penyerang sayap yang meninggalkan hingar bingar sepak bola Eropa dan bergabung dengan Melbourne Victory. Pemain asal Portugal ini ternyata pernah bermain untuk Valencia setelah didatangkan dari Fenerbahce pada musim panas 2016.

Pemain veteran ini hadir untuk menambah ketajaman lini depan Valencia. Nani beberapa kali mendapat kesempatan tampil menjadi starter. Namun, itu semua belum cukup karena dia dianggap gagal memenuhi ekspektasi tim. Dirinya bahkan sempat dipinjamkan ke Lazio.

Nani tampil dalam 26 pertandingan dengan membuat 5 gol dan 8 assist. Hanya bertahan singkat, dia lantas memilih bergabung secara gratis bersama Sporting CP pada musim panas 2018.

5. Jordi Alba

7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan MataJordi Alba (twitter.com/valenciacf)

Jordi Alba merupakan bek kiri andalan dari Barcelona. Dia pernah berseragam Valencia setelah didatangkan dari UE Cornella pada 2007. Tak langsung bergabung dengan skuad utama, Alba harus bermain dengan tim lapis kedua dari Los Che terlebih dahulu.

Kariernya juga tak langsung mulus, Jordi Alba pernah dipinjamkan ke Gimnastic de Tarragona untuk menambah menit bermain dan pengalaman. Dia ternyata bisa memenuhi ekspektasi tim sehingga sering dipasang menjadi starter untuk Valencia.

Alba sudah bermain dalam 110 laga dengan menyumbang 6 gol dan 8 assist untuk Valencia. Performa gemilangnya mendapat pantauan dari beberapa tim. Dia lantas memilih bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2012.

6. Andreas Pereira

https://www.youtube.com/embed/Th_BWf55z0E

Andreas Pereira merupakan gelandang serang yang sekarang bermain untuk Fulham. Dia pernah bergabung dengan Valencia dengan status sebagai pinjaman dari Manchester United pada musim panas 2017. Ini terjadi karena dia kesulitan menembus skuad utama The Red Devils.

Meski berstatus sebagai pinjaman, Andreas Pereira sering mendapat kesempatan untuk membela Valencia di berbagai kompetisi. Namun, cedera mengganggu performanya dan beberapa kali harus absen membela Los Che.

Pemain kelahiran Duffel ini sudah tampil dalam 29 pertandingan dengan membuat 1 gol dan 5 assist. Andreas Pereira kemudian kembali membela Manchester United pada musim panas 2018.

7. Raul Albiol

7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan MataRaul Albiol (uefa.com)

Raul Albiol adalah bek tengah veteran yang sekarang bermain untuk Villarreal. Dia merupakan produk akademi dari Valencia. Pemain 37 tahun ini sudah tampil di berbagai kelompok umur dan mendapat promosi ke skuad utama Los Che pada 2004.

Meski sudah di skuad senior Valencia, Raul Albiol sempat dipinjamkan ke tim lain untuk menambah menit bermain. Hal itu ternyata sukses membuat penampilannya makin matang. Ia pun diplot menjadi andalan Los Che di lini belakang saat kembali.

Albiol sudah bermain dalam 179 laga dengan membuat 8 gol dan 1 assist untuk Valencia. Performa solid membuat beberapa tim besar tertarik untuk mendatangkannya. Dia lantas memilih bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2009.

Para pemain aktif di atas pernah berkarier membela Valencia. Sebagian besar dari mereka mampu menjadi andalan sehingga berdampak pada permainan Los Che di berbagai ajang.

Baca Juga: Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik Mallorca

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya