5 Bintang Veteran yang Pernah Menjadi Bagian dari Schalke 04

Sebagian besar kini berkarier di luar Bundesliga

Schalke 04 adalah klub besar asal Jerman. Mereka beberapa kali menguasai kompetisi domestik dan Eropa. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tim berjuluk The Royal Blues untuk menggaet para pemain hebat.

Sepanjang perjalanan, ada beberapa pemain bintang yang pernah merasakan atmosfer bermain di Veltins Arena dengan membela Schalke. Para bintang itu kini sudah menjadi senior.

Siapa sajakah bintang veteran yang pernah menjadi bagian dari Schalke 04 itu?

1. Manuel Neuer

5 Bintang Veteran yang Pernah Menjadi Bagian dari Schalke 04Manuel Neuer (uefa.com)

Manuel Neuer adalah kiper veteran yang saat ini membela Bayern Munich di Bundesliga Jerman. Namanya begitu tersohor ketika berseragam tim berjuluk The Bavarians tersebut.

Dirinya juga sudah memenangi berbagai gelar domestik dan Eropa. Siapa sangka kiper kelahiran Gelsenkirchen ini dahulunya pernah membela Schalke 04.

Neuer merupakan salah satu produk akademi sepak bola Schalke. Dirinya kerap menunjukkan penampilan impresif dan sukses dipromosikan ke skuad utama pada 2005.

Ia bertahan cukup lama, bahkan pernah diplot menjadi kapten The Royal Blues tersebut. Namun, cerita indah tersebut berakhir setelah sang kiper memutuskan pindah ke Bayern Munich pada musim panas 2011.

2. Ivan Rakitic

5 Bintang Veteran yang Pernah Menjadi Bagian dari Schalke 04Ivan Rakitic (uefa.com)

Ivan Rakitic merupakan gelandang tengah asal Kroasia yang sekarang berkarier di Spanyol bersama Sevilla. Pemain kelahiran Mohlin ini pernah mencicipi Bundesliga dengan membela Schalke 04 pada 2007.

Rakitic sukses mengemban peran penting dan menjadi nyawa permainan di lini tengah Schalke. Hal tersebut membuatnya sering mendapat kesempatan untuk tampil reguler di berbagai kompetisi. Rakitic bertahan beberapa musim saja sebelum memutuskan berkarier di Spanyol dengan membela Sevilla pada musim dingin 2011.

Baca Juga: 5 Kiper yang Bisa Gantikan Posisi Manuel Neuer di Bayern Munich

3. Mesut Ozil

5 Bintang Veteran yang Pernah Menjadi Bagian dari Schalke 04Mesut Ozil (twitter.com/UEFA)

Mesut Ozil merupakan gelandang serang yang saat ini berkarier di Turki dengan bermain untuk Istanbul Basaksehir FK. Dirinya sudah malang melintang membela berbagai tim besar di Eropa. Salah satunya Schalke 04.

Ozil bergabung dengan Schalke sejak muda. Berkat kegemilangannya bersama The Royal Blues, ia sukses dipromosikan ke tim utama dan ikut berjuang di berbagai kompetisi. Kebersamaannya berlangsung beberapa musim saja karena gelandang kelahiran Gelsenkirchen ini memutuskan untuk pindah Werder Bremen pada 2008.

4. Rafinha

5 Bintang Veteran yang Pernah Menjadi Bagian dari Schalke 04Rafinha (twitter.com/s04)

Marcio Rafael Ferreira de Souza alias Rafinha merupakan bek kanan asal Brasil yang saat ini bermain untuk Sao Paulo FC. Namanya melambung ketika bermain untuk Bayern Munich. Sebelum berseragam The Bavarians, dirinya pernah membela Schalke 04.

Pesepak bola kelahiran Londrina ini pernah bermain di Veltins Arena selama 5 musim. Rafinha pertama kali datang pada 2005 dan sukses menjadi salah satu pemain penting.

Rafinha sudah bertanding sebanyak 198 kali serta berkontribusi dengan 11 gol dan 24 assist selama berseragam The Royal Blues. Namun, kebersamaan tersebut harus berakhir setelah ia memilih melanjutkan karier di Italia dengan membela Genoa FC pada 2010.

5. Kevin-Prince Boateng

5 Bintang Veteran yang Pernah Menjadi Bagian dari Schalke 04Kevin-Prince Boateng (twitter.com/s04)

Kevin-Prince Boateng merupakan penyerang veteran asal Ghana yang sudah bertualang di berbagai liga top Eropa. Dirinya saat ini dipinjamkan ke Herta BSC dari AC Monza. Ia sendiri berencana pensiun pada akhir 2022/2023 nanti.

Boateng sudah tidak asing dengan atmosfer Liga Jerman karena pernah bermain untuk Schalke 04 pada 2013. Dirinya bertanding sebanyak 60 kali serta menyumbang 7 gol dan 9 assist bagi The Royal Blues. Pemain asal Ghana ini bertahan singkat di Veltins Arena dan memilih kembali ke Italia dengan membela AC Milan pada 2016.

Kelima bintang veteran di atas pernah berkarier dengan Schalke 04. Sebagian dari mereka sukses memberikan kontribusi maksimal terhadap permainan The Royal Blues.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia yang Kini Membela Klub LaLiga, Rakitic hingga Modric

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya