8 Jebolan Feyenoord yang Bermain di Liga Top Eropa 2022/2023

Ada yang juara Liga Champions

Feyenoord Rotterdam adalah klub raksasa Belanda yang sukses di kompetisi domestik. Mereka juga pernah menjuarai Liga Champions Eropa pada 1970.

Feyenoord sendiri mempunyai tim akademi yang sering menghasilkan pemain sepak bola berkelas dunia. Nama penyerang legendaris Timnas Belanda, seperti Robin van Persie, pernah bermain di akademi sepak bola Feyenoord. Pada 2022/2023, alumnus klub asal Rotterdam tersebut masih banyak tersebar di liga-liga top Eropa.

Penasaran siapa saja jebolan Feyenoord yang bermain di liga top Eropa 2022/2023? Yuk, lihat ulasan di bawah ini!

1. Marten de Roon (Atalanta BC)

8 Jebolan Feyenoord yang Bermain di Liga Top Eropa 2022/2023Marten de Roon (twitter.com/Dirono)

Marten de Roon merupakan gelandang bertahan yang pernah merasakan pendidikan di akademi Feyenoord Rotterdam. Dirinya bergabung dengan tim berjuluk De club ann de Maas ini pada usia dini. De Roon kemudian menyeberang ke klub satu kota untuk melanjutkan karier bersama Sparta Rotterdam.

Gelandang 31 tahun ini sempat bertualang ke berbagai tim di Belanda, Inggris, dan sekarang di Italia bersama Atalanta BC. Marten de Roon sering tampil cemerlang dan membuatnya menjadi langganan masuk Timnas Belanda.

Pemain kelahiran Zwijndrecht ini kerap kali dipercaya pelatih Atalanta BC, Gian Piero Gasperini, untuk memperkuat lini tengah klub. Marten de Roon dinilai sangat kuat untuk bertahan dan pandai mengalirkan bola ke lini depan.

Pada 2022/2023, Marten de Roon masih menjadi pemain inti dan sejauh ini sudah berkontribusi dengan memberi satu assist. Dirinya juga mengantar Atalanta untuk sementara berada di papan atas Serie A.

2. Tyrell Malacia (Manchester United)

8 Jebolan Feyenoord yang Bermain di Liga Top Eropa 2022/2023Tyrell Malacia (manutd.com)

Tyrell Malacia adalah bek kiri produk akademi Feyenoord Rotterdam. Malacia sudah bermain untuk tim asal Rotterdam tersebut di berbagai kategori usia, bahkan sampai menembus skuad utama.

Putra daerah Rotterdam ini tampil sebanyak 136 kali dengan mencetak 4 gol dan 10 assist bersama Feyenoord. Tyrell Malacia merupakan pemain yang sangat cepat melakukan transisi dari bertahan ke menyerang.

Bakat Malacia menarik perhatian klub raksasa Inggris. Pada bursa transfer musim panas 2022, ia bergabung dengan Manchester United dan diikat kontrak hingga 2026 mendatang.

Pada 2022/2023, Tyrell Malacia beberapa kali mendapat kepercayaan dari Erik ten Hag selaku pelatih Manchester United. Ia harus bekerja keras demi bersaing dengan Luke Shaw untuk memperebutkan posisi bek kiri tim kota pelabuhan tersebut.

3. Stefan de Vrij (Inter Milan)

https://www.youtube.com/embed/Ip4fLgGYxlY

Stefan de Vrij adalah bek yang pernah mengenyam pendidikan di akademi Feyenoord Rotterdam. De Vrij sudah bermain untuk tim berjuluk De club aan de Maas ini sejak usia belia hingga mampu menembus ke skuad utama.

Pemain asal Belanda ini sering tampil mengesankan bersama Feyenoord Rotterdam. De Vrij lantas masuk pantauan radar tim asal Italia. Pada bursa transfer musim panas 2014, dirinya berlabuh ke Serie A untuk bergabung ke klub ibu kota, SS Lazio.

Stefan de Vrij berseragam tim berjuluk I Biancocelesti selama 4 musim. Pada 2018, dirinya pindah ke Inter Milan dan dikontrak hingga 2023 mendatang. Kepindahannya ke Milan tampaknya membawa berkah karena sempat meraih scudetto 2021.

Pada 2022/2023, De Vrij masih menjadi pilihan utama pelatih Inter Milan meski sudah beberapa kali berganti nakhoda. Pemain asal Belanda ini dapat diandalkan karena mempunyai fisik yang mendukung posisinya serta sering mengambil keputusan yang tepat untuk menjaga lini belakang tim berjuluk I Nerazzurri tersebut. 

4. Rick Karsdorp (AS Roma)

8 Jebolan Feyenoord yang Bermain di Liga Top Eropa 2022/2023Rick Karsdorp (legaseriea.it)

Rick Karsdorp adalah bek kanan yang pernah merasakan akademi Feyenoord Rotterdam sejak usia dini hingga masuk ke tim senior. Selama bermain untuk tim asal Rotterdam, dirinya berkontribusi 2 gol dan 19 assist dalam 93 pertandingan.

Pada bursa transfer 2017, Karsdorp pindah ke Serie A untuk bergabung dengan AS Roma. Kariernya tidak langsung mulus, ia sempat dipinjamkan kembali ke Feyenoord Rotterdam pada 2019 selama 1 musim.

Setelah pulang dari masa peminjaman, Rick Karsdorp sering mendapat tempat utama di AS Roma. Dirinya juga merupakan salah satu pemain yang ikut mengantarkan tim asal Roma juara UEFA Europa Conference League 2021/2022. Kegemilangannya membuat Karsdorp mendapat perpanjangan kontrak hingga 2025 mendatang.

Pada 2022/2023, Rick Karsdorp pernah menderita cedera sehingga tidak bisa berkontribusi maksimal. Ketika sehat ia bisa langsung dipercaya Jose Mourinho untuk mengisi posisi bek kanan klub ibu kota ini.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Chelsea yang Bermain di Serie A Italia 2022/2023

5. Georginio Wijnaldum (AS Roma)

https://www.youtube.com/embed/Fd4H01Lbr4w

Georginio Wijnaldum merupakan gelandang asal Belanda yang mempunyai darah keturunan Suriname. Wijnaldum adalah produk akademi Feyenoord Rotterdam. Ia bisa menembus skuad utama tim asal Rotterdam tersebut.

Gelandang 31 tahun ini pernah bermain untuk PSV Eindhoven dan setelah itu memulai petualangannya di Liga Inggris. Pada bursa transfer musim panas 2015, Wijnaldum memutuskan untuk bergabung dengan Newcastle United. 

Wijnaldum bermain semusim saja di St James' Park, kemudian menandatangani kontrak dengan Liverpool pada 2016. Dirinya mengalami puncak kejayaan sebagai pemain sepak bola bersama tim berjuluk The Reds ini. Ia sukses mendapatkan gelar juara kompetisi domestik, bahkan Liga Champions Eropa 2019.

Karier Georginio Wijnaldum mulai meredup ketika memutuskan meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain pada 2021. Bersama klub barunya, Wijnaldum jarang mendapatkan tempat utama karena persaingan yang luar biasa di lini tengah tim berjuluk Les Parisiens ini.

Pemain Timnas Belanda ini kemudian dipinjamkan ke klub raksasa asal Italia, yaitu AS Roma, pada bursa transfer pada musim panas 2022. Wijnaldum lagi-lagi tertimpa nasib sial. Ia belum debut bersama tim berjuluk I Giallorossi karena cedera.

6. Karim Rekik (Sevilla FC)

https://www.youtube.com/embed/7XI5p3viICw

Karim Rekik adalah bek yang pernah menimba ilmu di akademi Feyenoord Rotterdam. Dirinya bergabung dengan tim asal Belanda tersebut sejak usia muda hingga bermain di beberapa jenjang umur. Ia kemudian berkarier di Inggris untuk bermain di akademi Manchester City pada 2011.

Bek asal Belanda ini banyak dipinjamkan ke berbagai tim di Inggris. Pada 2015, Manchester City sepakat menjualnya ke Olympique de Marseille.

Perjalanan Karim Rekik tidak berhenti sampai di situ. Ia beberapa kali berganti tim. Pada 2020, Rekik memutuskan untuk bermain di LaLiga Spanyol bersama Sevilla FC setelah pindah dari Hertha BSC.

Pemain berusia 27 tahun ini beberapa kali dipercaya pelatih untuk tampil menjaga lini belakang Sevilla. Namun, Karim Rekik sering cedera sehingga belum bisa berkontribusi secara maksimal. Meski begitu, ia dikontrak tim berjuluk Sevillistas Rojiblancos ini hingga 2025 mendatang.

7. Nathan Ake (Manchester City)

8 Jebolan Feyenoord yang Bermain di Liga Top Eropa 2022/2023Nathan Ake (twitter.com/NathanAke)

Nathan Ake merupakan bek tengah yang pernah bermain di akademi Feyenoord Rotterdam. Ia bermain di berbagai jenjang usia, tetapi tidak sampai masuk tim senior karena harus pindah ke Cobham untuk bergabung dengan Chelsea pada 2011.

Bek asal Belanda ini mempunyai karier yang tidak langsung mulus. Ia lebih sering menghabiskan waktu untuk dipinjamkan ke tim lain demi mendapat menit bermain dan pengalaman.

Karier Nathan Ake mulai bersinar ketika Chelsea menjualnya ke AFC Bournemouth pada 2017. Performanya bersama tim berjuluk The Cherries ini bersinar dan ternyata masuk radar pantauan Manchester City.

Pada bursa transfer musim panas 2020, Nathan Ake bergabung ke Manchester City dengan kontrak hingga 2025 mendatang. Ia dianggap sebagai seorang bek yang tangguh serta tenang ketika menguasai bola. Ake juga sudah mengantarkan tim asal kota pelabuhan tersebut menjadi juara Premier League.

Pada 2022/2023, permainan Nathan Ake makin matang. Sangat wajar bila ia sering mendapat tempat utama di Manchester City.

8. Joshua Zirkzee (Bologna FC 1909)

https://www.youtube.com/embed/L-kOnembpsI

Joshua Zirkzee merupakan penyerang yang pernah merasakan pendidikan di akademi Feyenoord Rotterdam meski hanya semusim. Zirkzee kemudian melanjutkan kariernya di Jerman untuk bergabung dengan akademi Bayern Munich.

Penyerang kelahiran Schiedam ini tampil di berbagai kategori umur Bayern Munich. Zirkzee pernah dua kali dipinjamkan ke tim asal Belgia dan Italia. Ia sengaja dipinjamkan karena bisa menambah menit bermain dan pengalaman.

Pada bursa transfer musim panas 2022, Joshua Zirkae dilepas Bayern Munich untuk bergabung dengan Bologna FC 1902 di Serie A. Penyerang 21 tahun ini beberapa kali tampil bersama tim berjuluk I Rossoblu dengan menorehkan satu gol di Liga Italia.

Delapan pemain di atas merupakan jebolan akademi Feyenoord Rotterdam yang memilih berkarier di luar Eredivisie pada 2022/2023. Beberapa dari mereka berhasil menjadi penggawa inti di timnya sehingga bisa berkontribusi secara maksimal.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPL

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya