6 Pemain Argentina yang Pernah Berseragam Liverpool, Ada Mac Allister 

Sebagian besar telah memutuskan gantung sepatu

Liverpool bergerak cepat pada bursa transfer musim panas 2023 ini. The Reds melakukan pembenahan di sektor lini tengah dengan mendatangkan gelandang baru. Mereka sukses mendaratkan Alexis Mac Allister dari Brighton & Hove Albion ke Anfield.

Mac Allister menambah daftar panjang pemain asal Argentina yang pernah berseragam Liverpool. Termasuk sang pemain, setidaknya kini ada enam pemain Argentina yang pernah berseragam Liverpool. Simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Alexis Mac Allister

https://www.youtube.com/embed/m3CDiai33Y0

Alexis Mac Allister adalah gelandang tengah yang baru didatangkan Liverpool dari Brighton & Hove Albion pada musim panas 2023. Pemain asal Argentina ini dianggap sebagai rekrutan penting sehingga langsung diikat kontrak hingga 2028. Dirinya dibeli dengan harga 35 juta pound sterling atau sekitar Rp650 miliar.

Alexis Mac Allister tentu membawa harapan yang besar untuk Liverpool. Gelandang 24 tahun ini diproyeksikan sebagai sosok penting di lini tengah The Reds setelah kerap menjadi sorotan dalam beberapa musim terakhir. Dirinya diharapkan bisa segera beradaptasi sehingga mampu berperan sebagai penyeimbang permainan dan berdampak untuk performa tim.

2. Javier Mascherano

6 Pemain Argentina yang Pernah Berseragam Liverpool, Ada Mac Allister Javier Mascherano (twitter.com/LFC)

Javier Mascherano adalah gelandang bertahan yang pertama kali datang ke Liverpool dengan status pinjaman dari West Ham United. Dirinya lantas dipermanenkan The Reds pada musim panas 2008. Pemain asal Argentina ini sukses memberi dampak positif terhadap permainan tim.

Mascherano bertransformasi menjadi salah satu pilar penting permainan Liverpool. Dirinya pandai membaca permainan sehingga kerap memotong serangan lawan sebelum masuk ke lini pertahanan The Reds. Pemain kelahiran San Lorenzo ini tampil dalam 139 pertandingan dengan menyumbang 2 gol dan 7 assist. Dirinya lantas memilih hengkang setelah mendapat tawaran dari Barcelona pada musim panas 2010.

3. Maxi Rodriguez

6 Pemain Argentina yang Pernah Berseragam Liverpool, Ada Mac Allister Maxi Rodriguez (twitter.com/LFC)

Maxi Rodriguez adalah penyerang sayap yang bergabung dengan Liverpool pada musim dingin 2010. Pemain asal Argentina ini datang secara gratis dari Atletico Madrid. Kehadirannya untuk menambah produktivitas lini depan The Reds.

Benar saja, Maxi Rodriguez beberapa kali diberikan kesempatan sebagai starter dan tampil selama 90 menit bersama Liverpool. Penyerang kelahiran Rosario ini ikut berkontribusi mempersembahkan Carling Cup pada 2012. Dirinya bermain dalam 73 pertandingan dengan mencetak 17 gol dan 7 assist bersama Liverpool. Hanya bertahan singkat, dia memilih hengkang setelah kontraknya tidak diperpanjang dan bergabung dengan Newell's Old Boys pada musim panas 2012.

Baca Juga: 4 Pemain dengan Nomor 10 Liverpool sebelum Alexis Mac Allister

4. Sebastian Leto

6 Pemain Argentina yang Pernah Berseragam Liverpool, Ada Mac Allister Sebastian Leto (twitter.com/paofc_)

Sebastian Leto merupakan penyerang sayap yang didatangkan Liverpool dari Club Atletico Lanus pada musim panas 2007. Pemain asal Argentina ini diharapkan bisa menambah daya gedor dari The Reds. Dirinya ternyata tampil di luar ekspektasi sehingga kesulitan menembus skuad utama.

Penyerang sayap kelahiran Alejandro Korn ini lebih sering dipinjamkan ke Olympiacos karena tersingkir dari skuad utama Liverpool. Sebastian Leto bahkan bermain dalam 4 pertandingan dengan menyumbang 1 assist saja bersama The Reds. Dirinya bertahan singkat di Anfield karena dilepas secara permanen ke Panathinaikos pada musim panas 2009.

5. Emiliano Insua

6 Pemain Argentina yang Pernah Berseragam Liverpool, Ada Mac Allister Emiliano Insua (twitter.com/EmilianoInsua)

Emiliano Insua adalah bek tengah yang pertama kali bergabung dengan Liverpool dengan status pinjaman dari Boca Juniors. Pemain kelahiran Buenos Aires ini bisa menunjukkan performa yang baik sehingga dipermanenkan The Reds pada musim panas 2008. Dirinya saat itu diproyeksikan sebagai tembok kokoh pertahanan tim.

Emiliano Insua hanya beberapa kali mendapat kesempatan sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Dirinya kesulitan menembus skuad utama Liverpool sehingga harus dipinjamkan ke Galatasaray pada 2010. Bek asal Argentina ini bermain dalam 62 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 5 assist bersama Liverpool. Insua lantas dilepas secara permanen ke Sporting CP pada musim panas 2011.

6. Mauricio Pellegrino

Mauricio Pellegrino menjadi pemain asal Argentina yang pertama kali bergabung dengan Liverpool. Dirinya saat itu datang secara gratis dari Valencia pada musim dingin 2005. Bek tengah ini hanya mendapat kontrak selama setengah musim di Anfield.

Meski berstatus sebagai pinjaman, Mauricio Pellegrino bisa mendapatkan menit bermain dengan Liverpool. Bahkan, dirinya kerap diplot sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Bek tengah ini berperan dalam 13 pertandingan untuk The Reds. Namun, Liverpool tidak memperpanjang kontraknya sehingga sang pemain pergi secara gratis ke Deportivo Alaves pada musim panas 2005.

Keenam pemain asal Argentina di atas pernah berseragam Liverpool. Beberapa pemain sukses memberi dampak terhadap performa The Reds. Alexis Mac Allister menjadi yang paling baru. Ia diharapkan bisa menyatu dengan skema permainan dan membuat Liverpool lebih kompetitif di berbagai ajang, termasuk English Premier League.

Baca Juga: Mac Allister Pakai Nomor 10 di Liverpool, Ini Alasannya!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya