7 Pemain Penting Southampton yang Berpotensi Menjadi Incaran Tim Lain

Didominasi oleh bakat muda luar biasa

Southampton mempunyai perjalanan yang terjal pada 2022/2023. Mereka sering menerima kekalahan sehingga berada di dasar klasemen. Bahkan, tim berjuluk The Saints tersebut sudah dipastikan degradasi dari English Premier League.

Meski sudah pasti turun kasta, Southampton ternyata dihuni oleh banyak pemain yang mempunyai potensi luar biasa. Hal ini tentu bisa dimafaatkan oleh para rival untuk membajak penggawa The Saints saat bursa transfer musim panas 2023 nanti. Siapa saja para pemain yang berpotensi masuk radar tim lain? Mari baca ulasannya di bawah ini!

1. Sekou Mara

https://www.youtube.com/embed/_c8jGkruXno

Sekou Mara adalah penyerang yang didatangkan Southampton dari Bordeaux pada musim panas 2022. Dia langsung mendapat kontrak jangka panjang hingga 2026. Pemain 20 tahun tersebut hadir untuk diproyeksikan menambah daya gedor The Saints.

Pemain  kelahiran paris ini beberapa kali mendapat kesempatan dan lebih sering tampil dari bangku cadangan Southampton di berbagai ajang. Meski begitu, Sekou Mara mempunyai potensi menjadi penyerang tajam dan berpotensi masuk incaran tim lain pada musim panas 2023. Sejauh ini, dia sudah bertanding sebanyak 30 laga dengan menyumbang 2 gol dan 3 assist.

2. Romeo Lavia

7 Pemain Penting Southampton yang Berpotensi Menjadi Incaran Tim LainRomeo Lavia (twitter.com/premierleague)

Romeo Lavia adalah gelandang bertahan jebolan akademi Manchester City. Pemain asal Belgia tersebut memilih hengkang ke Southampton pada musim panas 2022. Gelandang bertahan ini langsung mendapat kontrak jangka panjang hingga 2027.

Meski masih berusia 19 tahun, Lavia sudah mendapat kepercayaan dari pelatih untuk bermain secara reguler bersama Southampton. Dia berperan sebagai pemutus serangan tim lawan di lini tengah The Saints. Kemampuannya tersebut berpotensi dilirik oleh klub lain pada musim panas nanti. Sejauh ini dirinya sudah tampil dalam 32 laga dengan membuat 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang. 

3. Mohammed Salisu

7 Pemain Penting Southampton yang Berpotensi Menjadi Incaran Tim LainMohammed Salisu (twitter.com/SouthamptonFC)

Mohammed Salisu merupakan bek tengah yang dibeli oleh Southampton dari Real Valladolid pada musim panas 2020. Pemain tim nasional Ghana ini mendapat kontrak hingga 2024. Dia hadir untuk menambah kekuatan lini belakang The Saints.

Musim pertamanya berjalan tidak terlalu mulus, Salisu harus sering absen karena mengalami cedera. Meski begitu, dia mampu bangkit sehingga menjadi pilihan utama pelatih untuk menjaga lini belakang Southampton. Pada 2022/2023, bek 24 tahun tersebut sudah tampil dalam 28 laga dengan membuat 1 assist. Dirinya juga berpotensi masuk incaran tim lain karena durasi kontraknya akan segera habis.

Baca Juga: 10 Potret Mohammed Salisu, Bek Jagoan Southampton

4. Kamaldeen Sulemana

https://www.youtube.com/embed/9eDTQCX7TSk

Kamaldeen Sulemana merupakan penyerang sayap yang bergabung dengan skuad Southampton dari Stade Rennes pada musim dingin 2023. Pemain kelahiran Techiman ini mendapat kontrak jangka panjang hingga 2027. Dia diproyeksikan untuk menambah produktivitas lini depan The Saints.

Tak butuh waktu adaptasi lama, Kamaldeen Sulemana sering mendapat kesempatan tampil dan beberapa kali dipercaya sebagai starter Southampton. Dia mempunyai kecepatan yang sering merepotkan pertahanan tim lawan. Sejauh ini, dirinya sudah bermain dalam 16 laga dan membuat 1 assist. Pemain 21 tahun ini berpotensi menjadi incaran klub lain pada musim panas nanti mengingat kondisi The Saints yang sedang terpuruk.

5. Tino Livramento

7 Pemain Penting Southampton yang Berpotensi Menjadi Incaran Tim LainTino Livramento (premierleague.com)

Tino Livramento merupakan bek kanan yang pernah menimba ilmu di akademi milik Chelsea. Dia lantas memutuskan pindah setelah mendapat tawaran dari Southampton pada musim panas 2021. Pemain asal Skoltandia ini mendapat kontrak hingga 2026.

Livramento memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Selain itu, kecepatannya sering kali merepotkan pertahanan tim lawan. Namun, dia tengah menderita cedera sehingga harus absen membela Southampton.

Sejauh ini, pemain 20 tahun tersebut sudah tampil dalam 32 pertandingan dengan membuat 1 gol dan 2 assist. Meski sedang cedera, peforma Livramento tidak bisa dipandang sebelah mata. Dia berpotensi masuk radar tim lain saat musim panas 2023 nanti.

6. James Ward-Prowse

https://www.youtube.com/embed/ZB48YFu5yCE

James Ward-Prowse adalah gelandang tengah yang sudah menimba ilmu di akademi Southampton. Dia mendapat promosi ke skuad utama pada 2012. Kehadirannya untuk menambah kekuatan terutama di lini tengah The Saints.

James Ward-Prowse mampu menunjukkan peran penting sehingga diberikan kesempatan tampil reguler sebagai jenderal lini tengah Southampton di berbagai ajang. Selain mempunyai visi permainan, dia dipercaya menjadi eksekutor tendangan bebas. Dirinya bahkan diplot selaku kapten dari The Saints.

Pada 2022/2023, perannya masih sulit tergantikan di lini tengah sehingga sering bermain selama 90 menit. Sejauh ini, dia sudah tampil dalam 43 laga dengan membuat 10 gol dan 4 assist. Performanya tersebut berpotensi menarik minat tim lain untuk merekrut pada musim panas nanti.

7. Kyle Walker-Peters

https://www.youtube.com/embed/8-ZSA00nQ7E

Kyle Walker-Peters adalah bek kanan yang berstatus pinjaman dari Tottenham Hostspur kemudian dipermanenkan pada musim panas 2020. Pemain kelahiran London ini dirasa cocok dengan skema permainan tim sehingga mendapat kontrak hingga 2025. Dia dipercaya menjadi tembok kokoh The Saints.

Tak butuh waktu lama, Walker-Peters berhasil menembus skuad utama sehingga sering menjadi starter Southampton. Dia mempunyai kecepatan yang memudahkannya untuk transisi dari bertahan ke menyerang. Pada 2022/2023, bek 26 tahun ini sudah tampil dalam 36 laga dengan membuat 1 gol. Performa luar biasanya berpotensi membuat klub lain tertarik merekrut pada musim panas nanti.

Ketujuh pemain di atas menjadi pemain penting Southampton. Kondisi The Saints yang sedang tidak baik karena degradasi bisa saja dimanfaatkan para rival untuk merekrut penggawa penting tersebut. Menurut kalian, siapakah pemain Southampton yang akan hengkang pada musim panas nanti?

Baca Juga: 5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya