5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Serie A 2022/2023

Ada yang berposisi sebagai penjaga gawang

Serie A Italia merupakan liga yang patut diperhitungkan di Eropa. Banyak tim yang dihuni oleh pemain dengan potensi luar biasa. Belum lagi kombinasi pemain muda dan yang sudah berumur menjadi daya tarik tersendiri.

Para pemain top dunia yang berada di Serie A memang tidak semuanya berusia muda. Ada beberapa tim yang masih menggunakan jasa pemain veteran pada 2022/2023.

Penasaran siapa saja pemain tertua yang sudah tampil di Serie A 2022/2023? Simak uraian berikut ini!

1. Fabio Quagliarella (39 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Serie A 2022/2023Fabio Quagliarella (twitter.com/sampdoria)

Fabio Quagliarella adalah salah satu penyerang veteran yang pernah berseragam Tim Nasional Italia. Ia merupakan striker berpengalaman yang pernah membela berbagai tim di Serie A. Sekarang, ia sedang bermain untuk Sampdoria.

Quagliarella membela Sampodoria sejak 2016. Saat ini, usianya sudah menginjak umur 39 tahun. Meski begitu, dirinya masih sering mendapat kesempatan bermain.

Fabio Quagliarella baru-baru ini menandatangani kontrak hingga 2023. Pengalaman penyerang asal Italia satu ini masih sangat dibutuhkan oleh Sampdoria untuk bertahan di Serie A. Kehadiran Quagliarella juga bisa sebagai mentor untuk para pemain muda di tim berjuluk I Blucerchiati tersebut.

2. Franck Ribery (39 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Serie A 2022/2023Franck Ribery (twitter.com/OfficialUSS1919)

Franck Ribery adalah pemain sayap yang pernah berseragam Tim Nasional Prancis. Ribery sudah merasakan berbagai atmosfer liga top Eropa. Ia sekarang tengah membela Salernitana di Serie A.

Pada masa jayanya, Ribery terkenal dengan kecepatan menggiring bola yang luar biasa. Soal prestasi, ia merupakan pemain yang pernah memenangi gelar bergengsi di Eropa.

Saat ini, Frank Ribery sudah berusia 39 tahun dan kelincahannya jauh berkurang. Meski sudah memasuki pengujung karier, dirinya masih bermain di Serie A yang merupakan salah satu liga Top Eropa.

Pemain asal Prancis ini sudah jarang mendapatkan menit bermain bersama Salernitana. Meski begitu, Ribery memegang peran penting untuk membagi pengalaman kepada para pemain muda yang ada di dalam tim.

Baca Juga: Lahir Tanggal 7 April, Ini 7 Fakta Menarik tentang Franck Ribery

3. Samir Handanovic (38 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Serie A 2022/2023Samir Handanovic (twitter.com/Inter)

Samir Handanovic merupakan penjaga gawang veteran yang berasal dari Slovenia. Handanovic sudah mengenal sepak bola Italia karena telah lama berkarier di sana. Pada 2022/2023, ia masih berada di Serie A dengan membela Inter Milan.

Meski usianya sudah menginjak 38 tahun, Handanovic sering dipercaya untuk menjaga gawang Inter Milan. Kehadiran penjaga gawang asal Slovenia ini membuat lini belakang tim menjadi tenang saat di lapangan. Ia sering sekali melakukan penyelamatan yang krusial saat pertandingan.

Pada 2022/2023, Samir Handanovic mendapat saingan baru setelah Inter milan mendatangkan Andre Onana pada bursa transfer musim panas 2022. Pihak tim akan merotasi kedua kiper tersebut karena Inter Milan juga berkompetisi di Liga Champions Eropa.

4. Daniel Ciofani (37 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Serie A 2022/2023Daniel Ciofani (uscremonese.it)

Daniel Ciofani adalah penyerang veteran yang saat ini bermain untuk Cremonese. Ciofani sudah malang melintang berlaga di kompetisi liga Italia. Ia sudah bermain untuk tim berjuluk La Cremo I Grigiorossi sejak 2019.

Meski usianya sudah tidak muda lagi, Ciofani sering mendapat kesempatan bermain dan beberapa kali menjadi kapten tim. Kehadiran penyerang veteran satu ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap lini depan klub dan menaikkan motivasi pemain muda untuk tetap bertahan di kompetisi Serie A.

5. Edin Dzeko (36 tahun)

5 Pemain Tertua yang Sudah Tampil di Serie A 2022/2023Edin Dzeko (twitter.com/Inter)

Edin Dzeko adalah penyerang andalan Inter Milan. Striker asal Bosnia ini sudah membela Inter sejak 2021. Sebelumnya, ia bermain di AS Roma. Ia tidak perlu untuk beradaptasi dengan gaya sepak bola Italia.

Dzeko sudah bermain di berbagai liga top Eropa. Dirinya masih sering menjadi pilihan utama dari Simone Inzaghi meski sudah berusia 36 tahun. Ia adalah tipe penyerang yang pandai mencari posisi dan mampu memanfaatkan peluang untuk menjadi gol saat di lapangan.

Kehadirannya untuk Inter Milan tentu bisa menambah opsi strategi. Dzeko diharapkan mampu membawa tim berjuluk I Nerazzurri meraih scudetto dan dapat berbicara banyak di Liga Champions Eropa musim ini.

Kelima pemain di atas merupakan veteran yang berhasil tampil di Serie A 2022/2023. Sebagian dari mereka masih menjadi andalan tim masing-masing. Hal tersebut membuktikan bahwa kompetisi di Italia masih dihuni oleh bakat-bakat pemain yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 9 Inter Milan sebelum Edin Dzeko

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya