7 Pemain Top yang Pernah Memperkuat Portsmouth, Ada David James

Didominasi mantan pemain Timnas Inggris

Portsmouth merupakan tim yang saat ini tampil di EFL League One, kasta ketiga Liga Inggris. Ternyata, tim berjuluk Pompey ini pernah eksis di English Premier League (EPL), tetapi terdegradasi pada 2009/2010.

Tim yang bermarkas di Fratton Park ini dahulunya sering menjadi kuda hitam. Mereka juga banyak diperkuat pemain kelas dunia. Ada beberapa nama terkenal yang berkarier di Portsmouth.

Siapa saja mereka? Inilah pemain top yang pernah memperkuat Portsmouth.

1. David James

7 Pemain Top yang Pernah Memperkuat Portsmouth, Ada David JamesDavid James (twitter.com/Pompey)

David James merupakan kiper top yang malang melintang di berbagai klub Inggris. Pemain kelahiran Welwyn Garden City ini pernah bermain untuk Portsmouth. Dirinya saat itu didatangkan dari Manchester City pada 2006.

Kiper asal Inggris ini mampu menembus skuad utama Portsmouth. Ia sering tampil reguler sepanjang 90 menit. David James sukses bertransformasi menjadi dinding kokoh pertahanan Pompey. Tidak hanya itu, ia juga mampu mempersembahkan gelar FA Cup 2008.

James tampil sebanyak 158 pertandingan di berbagai ajang untuk Portsmouth. Namun, ia harus menyudahi kebersamaannya dengan skuad Pompey karena pindah secara gratis ke Bristol City pada 2010.

2. Peter Crouch

7 Pemain Top yang Pernah Memperkuat Portsmouth, Ada David JamesPeter Crouch (it.uefa.com)

Peter Crouch adalah penyerang jangkung yang pernah berkarier di Portsmouth. Dirinya pertama kali bergabung pada 2001 dan kembali lagi pada musim panas 2008 setelah didatangkan dari Liverpool.

Penyerang kelahiran Macclesfield ini mampu menjadi ujung tombak andalan Portsmouth. Crouch sukses menunjukkan penampilan impresif selama berseragam Pompey.

Crouch sudah bertanding sebanyak 87 laga dengan membuat 34 gol dan 4 assist bersama Portsmouth. Performa luar biasanya menarik perhatian Tottenham Hotspur. Ia akhirnya memilih hengkang pada 2009 ke tim asal London Utara tersebut.

3. Nwankwo Kanu

https://www.youtube.com/embed/IUhxdLXvWeM

Nwankwo Kanu merupakan penyerang legendaris yang pernah memperkuat tim raksasa Eropa, seperti Ajax Amsterdam, Inter Milan, dan Arsenal. Menjelang akhir kariernya, ia memilih bergabung dengan Portsmouth setelah didatangkan dari West Bromwich Albion pada 2006.

Meski performanya sudah menurun, Kanu masih sering diberikan kesempatan untuk tampil di berbagai kompetisi bersama Portsmouth. Penyerang asal Nigeria ini juga ikut berkontribusi mempersembahkan gelar FA Cup pada 2008.

Kanu sudah tampil dalam 166 pertandingan dengan membuat 28 gol dan 17 assist bagi Portsmouth. Pada 2012, ia memutuskan untuk mengakhiri karier profesional dengan pensiun di tim berjuluk Pompey ini.

Baca Juga: Aston Villa, Tim Tertua Liga Inggris yang Statusnya Jadi Medioker

4. Kevin-Prince Boateng

https://www.youtube.com/embed/FAYyyr1zqao

Kevin-Prince Boateng adalah gelandang serang yang terkenal sering bergonta-ganti tim. Pemain asal Ghana ini pernah didatangkan Portsmouth dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2009.

Prince Boateng mendapat kepercayaan pelatih sehingga sering bermain sebagai starter bersama Portsmouth. Ia tampil menjanjikan bersama Pompey, tetapi harus mengalami cedera ankle.

Penyerang asal Ghana ini hanya tampil sebanyak 27 laga dengan membuat 5 gol dan 3 assist. Kevin-Prince Boateng bertahan singkat bersama Portsmouth karena memilih hengkang ke Genoa pada 2010.

5. Glen Johnson

https://www.youtube.com/embed/MHll6Z4UN8g

Glen Johnson merupakan bek kanan yang pernah memperkuat berbagai tim besar di Inggris. Pesepak bola kelahiran London ini sempat mencicipi berkarier dengan Portsmouth setelah dipermanenkan dari Chelsea pada 2007.

Johnson berhasil mendapat kepercayaan dari pelatih sehingga sering tampil menjadi andalan dalam menjaga lini belakang Portsmouth. Terkadang, ia juga ikut maju untuk membantu penyerangan tim.

Bek kanan ini ikut mengantar Portsmouth menjadi juara FA Cup 2008. Glen Johnson sendiri tampil sebanyak 100 laga dengan membuat 4 gol dan 15 assist. Dia akhirnya memilih hengkang setelah menerima tawaran Liverpool pada 2009.

6. Jermain Defoe

Jermain Defoe merupakan penyerang top yang malang melintang di kompetisi Inggris. Dirinya sempat membela Portsmouth setelah didatangkan dari Tottenham Hotspur pada musim dingin 2008.

Penyerang kelahiran London ini menjelma menjadi sosok penting di lini depan Portsmouth. Namun, ia harus menderita cedera sehingga tidak mampu berkontribusi maksimal terhadap permainan tim.

Defoe tampil dalam 36 laga dengan membuat 18 gol dan 5 assist. Penyerang ini hanya bertahan singkat bersama Portsmouth karena memilih kembali membela Tottenham pada musim dingin 2009.

7. Sol Campbell

https://www.youtube.com/embed/HeERJez7nmk

Sol Campbell adalah bek tengah yang namanya melambung saat berseragam Arsenal. Dirinya juga sempat memperkuat Portsmotuh setelah didatangkan dari tim asal London Utara tersebut pada musim panas 2006.

Bek yang memiliki garis keturunan Jamaika ini mampu menjadi sosok penting di benteng pertahanan Portsmouth. Ia kerap menjadi starter di berbagai kompetisi. Dirinya juga ikut berkontribusi mempersembahkan gelar FA Cup 2008 untuk Pompey.

Campbell tampil dalam 111 laga dengan menyumbang 2 gol dan 3 assist. Hanya bertahan selama 3 musim, dirinya memilih hengkang setelah menerima tawaran Notts County pada 2009.

Ketujuh pemain bintang di atas pernah berkarier membela Portsmouth. Sebagian dari mereka berhasil menghadirkan gelar untuk publik Fratton Park. Pada 2022/2023 ini, hanya Kevin-Prince Boateng yang masih aktif berkarier sebagai pemain.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga Inggris

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya