Inilah 5 Pendukung Sepakbola Paling Fanatik di Eropa

Ada tim jagoanmu?

Berbicara tentang sepakbola pasti akan berkaitan dengan para fans. Pemain ke-12 dalam setiap laga ini akan memberikan dukungan pada pertandingan agar klub yang mereka bela selalu memenangkan pertandingan.

Klub Turki Galatasaray bisa dibilang menjadi klub yang memiliki basis pendukung yang menyeramkan, seperti yang dilansir dari Talk Sport. Mereka tidak segan untuk memprovokasi lawan dan menggunakan flare demi meraih kemenangan. Namun, klub ini bukanlah satu-satunya yang paling fanatik. Dilansir dari Sports Keeda, masih ada beberapa klub yang memiliki suasana menakjubkan di setiap laga.

Borrusia Dotmund

Inilah 5 Pendukung Sepakbola Paling Fanatik di Eropasupporternotcistomer.com

Di Jerman, fans klub Borussia Dortmund bisa dikatakan paling fanatik karena di setiap laga hampir semua bangku penonton terisi penuh oleh suara-suara kebisingan mendukung klub kesayangannya tersebut (rata-rata 80.000 penonton di setiap laga).

Bahkan pada final Liga Champions 2013 lalu di Inggris melawan Real Madrid, mereka menerima sekitar 450.000 pesanan tiket namun hanya 44.000 orang saja yang bisa mendapatkannya.

Liverpool

Inilah 5 Pendukung Sepakbola Paling Fanatik di Eropadailymail.co.uk

Dijuluki Liverpudlian, para fans klub asal kota Merseyside ini memang sangat fanatik. Sikap itu selalu ditunjukan pada setiap laga yang mereka jalani. Chants dan teriakan semangat selalu dikumandangkan mereka walaupun klub tersebut tengah dalam kondisi yang "rapuh" dalam beberapa tahun terakhir. Tidak peduli posisi Liverpool  dalam klasemen, mereka selalu meneriakkan "You'll Never Walk Alone".

Manchester United

Inilah 5 Pendukung Sepakbola Paling Fanatik di Eropamanutd.com

Sebagai tim yang memiliki basis pendukung paling banyak di Inggris, Manchester United merupakan fenomena yang aneh dalam sepakbola. Para pendukung selalu memasukan nama klub tersebut dalam aktivitas tiap minggu yang harus mereka lakukan. Puluhan ribu selalu mendukung di setiap pertandingan yang mereka jalani. Bahkan, klub ini sudah memiliki fans terbesar secara global selain Real Madrid dan Barcelona dari Spanyol.

Galatasaray

Inilah 5 Pendukung Sepakbola Paling Fanatik di Eropasbnation.com

Galatasaray memiliki pendukung yang sangat ekstrim. Mereka akan berteriak sepanjang laga untuk mengganggu setiap lawan mereka agar kesulitan untuk berkonsetrasi. Bahkan Ryan Giggs pernah mengatakan, "Saya tidak pernah melihat ada pendukung sefanatik mereka (Galatasaray). mereka telah memenuhi seisi stadion padahal pertandingan masih 2 jam lagi." Para fans setia malah akan lebih liar apabila bertanding melawan musuh abadi klub mereka, yakni Besiktas.

Celtic

Inilah 5 Pendukung Sepakbola Paling Fanatik di Eropadailyrecord.co.uk

Ungkapan jika pendukung merupakan pemain ke-12 dalam laga sangat berlaku jika menonton laga Glasgow Celtic. Puluhan ribu fans akan memadati stadion sambil meneriaki para pemain. Bahkan, mereka sangat mengerti cara mengganggu konsentrasi lawan. Atmosfir yang diciptakan mereka sangatlah kuat sehingga Celtic tidak pernah mengalami kekalahan di musim lalu sehingga menjadi juara di liga Skotlandia.

travellio Photo Verified Writer travellio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya