Saring Timnas U-23 SEA Games, Indra Sjafri Cari Pemain Multi-Posisi

Harus sodorkan 40 nama awal September nanti

Sleman, IDN Times - Batas waktu pendaftaran nama-nama pemain Tim Nasional U-23 untuk SEA Games kian dekat. Sesuai jadwal, 40 nama harus disodorkan per tanggal 2 September 2019 besok.

Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Indra Sjafri mulai mengerucutkan nama-nama pemain yang sampai sekarang ini jumlahnya masih 48.

"Deadline SEA Games, tanggal 2 itu sudah batas akhir memasukkan 40 nama. Yaitu, 5 kiper. Terus, senior boleh 5. Dan 30 pemain harus berusia tak lebih dari 23, termasuk kiper," kata Indra saat dijumpai usai memimpin training center II skuad U-23 di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman, Senin (26/8).

1. Cari pemain yang multi-posisi

Saring Timnas U-23 SEA Games, Indra Sjafri Cari Pemain Multi-PosisiIDN Times/Tunggul Kumoro

Dari 40 nama yang nantinya disodorkan, hanya 20 pemain saja yang bisa didaftarkan ke dalam susunan untuk tiap laga di SEA Games Desember 2019 mendatang.

Oleh karenanya, Indra mengatakan, pihaknya menggunakan saringan ketat dalam tiap tahap pemilihan pemain. Baik itu saat seleksi, maupun kala menyusun line-up.

"Kami sedang memutar otak bagaimana agar nanti ada 1 pemain yang bisa main di posisi lain. Karena kemungkinan dari 20 pemain, kita juga wajib dengan 3 kiper. Berarti hanya 17 pemain di lapangan yang betul-betul kita pilih secara selektif. Jadi memang kita pakai parameter yang lebih tinggi," kata Indra.

Pemain yang dipilih nanti harapannya benar-benar siap mengikuti kompetisi. Cukup berat karena dalam seminggu tim bisa tanding sampai 5 kali jika tergabung dalam Grup 6.

"Kalau masuk grup 5, kita main 4 kali. Karena Asia Tenggara itu ada 11 tim. Jadi, semuanya betul-betul kita check-up. Pemain yang kita rekrut betul-betul siap semua," ujar dia.

Baca Juga: Tampil Apik, Pelatih PSS Puji Performa Pemain Asingnya

2. Saring para senior

Saring Timnas U-23 SEA Games, Indra Sjafri Cari Pemain Multi-PosisiIDN Times/Tunggul Kumoro

Sesuai aturan yang ada, suatu tim diperbolehkan mengikutsertakan lima pemain seniornya untuk SEA Games besok. Indra pun mengakui sudah memulai proses penjaringan.

"Ada beberapa pemain yang sedang kita pantau. Saya juga koordinasi dengan para pelatih klub dan kita sedang pantau 10 nama. Tanggal 30 ini, kita akan putuskan 5 nama yang diperbolehkan AFF," bebernya.

3. Digembleng melalui serangkaian laga uji coba

Saring Timnas U-23 SEA Games, Indra Sjafri Cari Pemain Multi-PosisiIDN Times/Tunggul Kumoro

Rencananya, lanjut Indra, 40 nama terpilih tadi masih akan terus diasah kolektivitas maupun individunya sampai mendekati SEA Games nanti. Mereka bakal diikutsertakan ke dalam laga uji coba dari sejumlah kompetisi.

Seperti tanggal 5 September 2019 nanti, timnas U-23 bakal mengikuti kompetisi Trofeo bersama Bali United dan PSIM Yogyakarta.

"Lalu Oktober-November, kita minta kesepakatan klub-klub lewat liga, PSSI, kita mau camp 2 bulan. Tanggal 7-15 ada turnamen yang kita ikuti di China (Tiongkok). Untuk uji coba internasional terakhir nanti tanggal 13 di Papua, dan 16 di GBK," pungkasnya.

Baca Juga: 2 Pemain PSMS Diharapkan Tembus Timnas SEA Games 2019

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya