Comscore Tracker

Anies: IYC 2021 dan Peresmian JIS Ditunda karena Ancaman Omicron

Varian COVID-19 baru Omicron menjadi penyebabnya

Jakarta, IDN Times - Gelaran Indonesian Youth Championship (IYC) 2021 yang rencananya dihelat di Bali dan DKI Jakarta ditunda. Dengan begitu, pelaksanaan soft launching Jakarta International Stadium (JIS) juga batal.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam konferensi pers daring, Jumat (3/12/2021). Anies mengatakan, ditundanya gelaran ini lantaran adanya varian COVID-19 Omicron yang mengintai.

"Kami menyampaikan kepada Pancoran Soccer Field untuk menangguhkan rangkaian pelaksanaan turnamen IYC 2021 yang sedianya diselenggarakan pada 4-11 Desember 2021. Termasuk di dalamnya adalah penangguhan soft launching Jakarta International Stadium (JIS)," kata Anies.

1. Ikuti arahan pemerintah pusat

Anies: IYC 2021 dan Peresmian JIS Ditunda karena Ancaman OmicronGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau pembangunan Jakarta International Stadium pada Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Anies menerangkan, ditundanya rangkaian acara ini lantaran kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Yakni membatasi kegiatan olahraga dan kebudayaan yang melibatkan orang asing.

"Sesuai dengan arah kebijakan pemerintah Indonesia, telah diputuskan seluruh kegiatan olahraga dan kebudayaan yang melibatkan orang asing dan berpotensi melibatkan orang banyak tidak diperbolehkan sementara ini," katanya.

Baca Juga: Harga Sewa Lapangan Latihan JIS Termahal di Jakarta

2. Anies berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat

Anies: IYC 2021 dan Peresmian JIS Ditunda karena Ancaman OmicronPembangunan Jakarta International Stadium (JIS) (IDN Times/Ilyas Mujib)

Kendati batal diselenggarakan, namun mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu tetap mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat baik dalam persiapan hingga akomodasi para tim atlet internasional.

"Walaupun kegiatan ini harus ditunda, namun saya perlu sampaikan di sini pada semua. Sampai menit-menit akhir keputusan diambil ada banyak pihak yang bekerja keras," kata Anies.

3. IYC 2021 digadang-gadang menjadi program kebanggaan di tengah pandemik

Anies: IYC 2021 dan Peresmian JIS Ditunda karena Ancaman OmicronGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau pembangunan Jakarta International Stadium pada Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Gelaran International Youth Championship (IYC) 2021 diyakini menjadi program kebanggaan masyarakat Indonesia meski dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19.

Apalagi ada tiga klub dari Spanyol yang akan bertanding, yakni Real Madrid U-18, FC Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, sedangkan Indonesia menurunkan Indonesia All Stars U-20.

Indonesia All Stars U-20 berisi pemain-pemain yang telah diseleksi secara ketat sejak Juni lalu. Ada ribuan peserta yang mendaftar, namun hanya ada 18 pemain yang lolos dan menjalani pelatihan.

"Turnamen sepak bola selalu menarik penonton dari setiap kalangan. Tiga klub besar yang akan bertanding akan sangat menjanjikan dan dukungan akan terus menarik bagi sponsor," ungkap Direktur Sales and Marketing MNC Group Tantan Sumartana, dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Ini Harapan Anies Baswedan saat Rayakan HUT ke-93 Persija

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya