Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messi

#WorldCup2018 Tujuh tim sudah pastikan tiket

Jakarta, IDN Times- Piala Dunia 2018 menyisakan satu pertandingan sebelum fase grup berakhir. Sejumlah tim nasional (timnas) telah memastikan tiket ke babak 16 besar adalah Prancis, Meksiko, Kroasia, Rusia, Uruguay, Inggris, dan Belgia. Dengan kata lain, masih ada 9 tiket yang masih diperebutkan oleh 25 timnas lainnya. 

Lantas, bagaimana perhitungan dan kemungkinan seluruh tim bisa lolos ke babak 16 besar? Yuk lihat di bawah ini

1. Perhitungan di Grup A, Rusia dan Uruguay pasti lolos ke babak 16 besar

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messififa.com

Grup A terdiri dari Rusia, Uruguay, Arab Saudi, dan Mesir. Rusia dan Uruguay berhasil membungkam Arab Saudi dengan Mesir. Alhasil, keduanya memuncaki fase grup A dengan torehan 6 poin dan memastikan tiket ke-16 besar. Sedangkan, dua pesaing lainnya, Arab Saudi dan Mesir dipastikan angkat koper karena tidak meraih satupun poin.  

2. Perhitungan di Grup B, pertandingan ketiga menjadi penentu 

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messififa.com

Grup B terdiri dari Spanyol, Portugal, Iran, dan Maroko. Spanyol dan Portugal telah mengantongi 4 poin setelah berhasil meraih satu kemenangan dan satu hasil seri. Iran hanya meraih 3 poin setelah membungkam Maroko dan kalah dari Spanyol. Sedangkan Maroko, harus terbenam di dasar grup dengan B dengan torehan 0 poin dan memastikan mereka harus pulang lebih awal dari Moskow. 

Pada pertemuan terakhir, Spanyol akan melawan Maroko dan Portugal akan melawan Iran. Di atas angin, Spanyol diunggulkan dari Maroko. Sementara, determinasi Iran pada Piala Dunia berhasil memberikan kejutan. Iran harus meraih kemenangan dari Portugal apabila mereka ingin lolos ke babak berikutnya. Di sisi lain, Portugal hanya butuh hasil seri untuk memastikan tiket ke babak 16 besar. 

Namun, jika Spanyol kalah dari Maroko dan Portugal meraih hasil imbang dengan Iran, maka perhitungan gol menjadi pertimbangan tim mana yang berhasil lolos dari Grup B. 

3. Perhitungan di Grup C, siapakah yang akan menemani Prancis ke babak 16 besar?

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messififa.com

Grup C terdiri dari Prancis, Denmark, Peru, dan Australia. Prancis sudah dipastikan lolos ke fase 16 besar setelah meraih dua kemenangan dan Peru sudah dipastikan tersingkir setelah meraih dua kekalahan. Denmark dengan 4 poin yang dimilikinya lebih diunggulkan untuk mengantongi tiket 16 besar ketimbang Australia yang baru meraih 1 poin.

Pada laga terakhir, Australia akan bertemu Peru dan Denmark akan bertemu dengan Perancis. Jika Australia berhasil menumbangkan Peru dan Denmark kalah dari Prancis, maka Denmark dan Australia memiliki torehan poin yang sama, yaitu 4 poin. Denmark hanya butuh hasil seri untuk menemani Prancis melaju ke babak 16 besar. 

imbang saat melawan Polandia. 

4. Perhitungan di Grup D, bisakah Messi menciptakan keajaiban

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messififa.com

Grup D terdiri dari Argentina, Kroasia, Nigeria, dan Islandia. Kroasia telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan Argentina dan Nigeria. Nigeria memiliki 3 poin setelah mengalahkan Islandia. Sedangkan Islandia dan Argentina, mereka hanya memiliki 1 poin.

Lionel Messi cs menjadi sorotan mata sedunia. Argentina harus meraih kemenangan besar atas Nigeria dengan catatan Kroasia mengalahkan Islandia. Nigeria hanya butuh hasil seri untuk menemani Kroasia lolos ke babak 16 besar. Akankah Messi mampu melahirkan keajaiban?

5. Perhitungan di Grup E, Keylor Navas cs dipastikan pulang lebih awal

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messififa.com

Grup E terdiri dari Brasil, Swiss, Serbia, dan Kosta Rika. Brasil dan Swiss diunggulkan dengan 4 poin yang dimilikinya. Serbia hanya memiliki tiga poin setelah meraih satu kemenangan dan satu kekalahan. Sedangkan Kosta Rika dipastikan pulang lebih awal setelah kalah dari dua Brasil dan Serbia. 

Pada laga terakhir, Brasil akan melawan Serbia dan Swiss akan melawan Kosta Rika. Swiss lebih diunggulkan saat melawan Kosta Rika. Dengan hasil seri, mereka dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sedangkan, Brasil harus melawan Serbia yang berhasil tampil mengejutkan di laga perdananya. Paling tidak, Neymar cs meraih hasil seri bila ingin memastikan lolos dari fase grup. 

6. Perhitungan di Grup F, laga hidup mati Jerman

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messitwitter.com/tonikroos

Grup F terdiri dari Jerman, Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan. Secara mengejutkan, Meksiko berhasil memastikan lolos ke babak berikutnya setelah mengalahkan Jerman dan Korea Selatan. Jerman dan Swedia hanya memiliki 3 poin. Sedangkan Korea Selatan berada di dasar klasmen dengan 0 poin.

Jerman dan Swedia harus menjalani laga hidup matinya pada pertandingan ketiga. Jerman harus menang melawan Korea Selatan bila ingin lolos ke babak berikutnya. Begitupun dengan Swedia, mereka harus mengalahkan Meksiko jika ingin menemani El Tri melaju ke 16 besar. Jerman bisa saja melaju ke babak 16 besar dengan hasil seri dengan catatan Swedia gagal membungkam Meksiko pada laga terakhir. 

7. Perhitungan di Grup G, Inggris dan Belgia lolos dengan mudah

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messitwitter.com/BBCSport

Grup G terdiri dari Inggris, Belgia, Tunisia, dan Panama. Inggris dan Panama sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan 6 poin. Sedangkan, Tunisia dan Panama dipastikan angkat koper dari Rusia. Dengan kata lain, pertandingan ketiga antara Inggris melawan Belgia dan Panama melawan Tunisia tidak menentukan siapa yang akan melaju ke fase knock out.

8. Perhitungan di Grup H, Polandia tampil mengecewakan

Itung-itungan Babak 16 Besar, Argentina Tergantung Keajaiban Messififa.com

Grup H terdiri dari Jepang, Senegal, Kolombia, dan Polandia. Jepang dan Senegal diunggulkan dengan 4 poin setelah meraih satu kemenangan dan satu hasil seri. Kolombia memiliki 3 poin dan Polandia dipastikan pulang lebih awal setelah tidak meraih satupun kemenangan. 

Kolombia akan menjalani pertandingan hidup mati kontra Senegal. Kolombia harus menaklukkan Senegal apabila mereka ingin mengulang memori manis Piala Dunia 2014. Di sisi lain, dengan hasil imbang, Senegal bisa memastikan lolos ke babak berikutnya. Sementara, pada ajang lainnya, Jepang cukup meraih hasil seri.

Baca juga: Catatan Menarik dari Laga Inggris Vs Panama yang Perlu Kamu Tahu!

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya