Kurang 2 Bulan, Indra Sjafri Optimistis Bentuk Timnas U-22 Terbaik

Minimnya waktu pemusatan latihan bukan masalah

Jakarta, IDN Times- Pelatih tim nasional (Timnas) U-22, Indra Sjafri, optimistis bisa membentuk skuat terbaik dalam kurun waktu kurang dari dua bulan. Dari situ, dia yakin Indonesia bisa berjaya pada perhelatan AFF U-22 yang berlangsung di Kamboja pada Maret mendatang.

“Makanya kami sepakat untuk cepat memulainya. Tanggal 7 dan 8 (Januari) pagi pagi kami sudah latihan, kami akan buat pemilihan pemain yang cepat,” kata Indra pada konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (4/1).

1. Seluruh pelatih memiliki permasalahan yang sama

Kurang 2 Bulan, Indra Sjafri Optimistis Bentuk Timnas U-22 TerbaikIDN Times/Vanny El Rahman

Dalam waktu dekat, Indra akan menyerahkan sekitar 40 nama yang memiliki kesempatan besar untuk berlaga pada Piala AFF U-22. Ia mengaku tidak memiliki masalah dengan minimnya waktu pemilihan pemain. “Saya kira semua pelatih memiliki permasalahan yang sama. Kan gak mungkin juga Spanyol mempersiapkan timnasnya untuk Piala Dunia selama setahun. Makanya nanti tiap minggunya akan ada promosi dan degradasi saat pemusatan latihan,” terang dia.

Baca Juga: Dito Ariotedjo: Timnas Indonesia Tidak Menurun Prestasinya

2. Mendapat rekomendasi dari seluruh pelatih di Indonesia

Kurang 2 Bulan, Indra Sjafri Optimistis Bentuk Timnas U-22 TerbaikIDN Times/Vanny El Rahman

Di samping itu, Indra yakin 40 nama yang sudah dikantonginya adalah pemain terbaik. Selain dia akan memanggil seluruh eks penggawa U-19, kecuali dua eks penyerangnya, dia juga mendapat rekomendasi nama dari pelatih-pelatih di Indonesia.

3. Filanesia diyakini menjadi “senjata” baru Indonesia

Kurang 2 Bulan, Indra Sjafri Optimistis Bentuk Timnas U-22 TerbaikIDN Times/Vanny El Rahman

Ditambahkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, filosofi sepakbola Indonesia atau Filanesia menjadi pendekatan baru untuk mewujudkan timnas yang kuat dan hebat. 

“Di program Filanesia yang dicanangkan pada 2018 itu, kan muaranya untuk timnas yang berkualitas. Rekomendasi dari pelatih di seluruh Indonesia menjadi penting untuk bisa diolah oleh coach Indra. Sehingga pertanyaannya bukan berapa lama pemain itu bisa ikut TC, tapi di mana dia bermain, bisa bermain, dan berlatih dengan konsep yang sama sehingga kapan pun dia dipanggil timnas, dia akan siap,” tutup Tisha.

Baca Juga: Persiapan Piala AFF U-22, Indra Sjafri Panggil Dua Penyerang Kejutan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya