Preview Belgia Vs Jepang: Napas Terakhir Asia!

#WorldCup2018, Jepang akan memanggul semangat Asia

Rostov-on-Don, IDN Times- Babak 16 besar Piala Dunia 2018 mempertemukan Belgia dengan Jepang di Rostov Arena, Selasa (3/7) pukul 01.00 WIB. Berhasil melewati fase grup dengan tiga kemenangan, Belgia lebih diunggulkan ketimbang Jepang yang berhasil lolos akibat Senegal meraih kartu kuning lebih banyak daripada si Samurai Biru -julukan Jepang. 

Bagi pelatih Belgia, Roberto Martinez, kemenangan adalah harga mati. Sebab, tim berjuluk Rode Duivels ini hanya berhasil lolos ke perempat final hanya dua kali sejak 1986. Sementara, Jepang menjadi satu-satunya tim perwakilan Asia yang tersisa pada perhelatan sepak bola empat tahunan ini. 

"Belgia adalah tim kelas dunia. Mereka fantastis. Itu adalah tantangan yang harus kami hadapi. Kami harus memiliki analisa yang bagus dan mempersiapkannya kemudian memutuskan bagaiaman strategi yang akan kami mainkan," beber Nishino. 

Jepang berhasil tampil mengejutkan pada Grup H. Meski kalah dari Polandia 0-1, Jepang berhasil membungkam Kolombia 2-1 dan menahan imbang Senegal 2-2. Sepanjang Piala Dunia, Kagawa cs selalu gagal menembus fase 8 besar. Akankah Jepang berhasil menghapus kutukan tersebut?

1. Romero Lukaku vs Keisuke Honda

Preview Belgia Vs Jepang: Napas Terakhir Asia!fifa.com

Martinez memiliki lini depan yang harus ditakuti. Duet maut antara Eden Hazard dan Kevin de Bruyne berhasil memanjakan Romero Lukaku yang telah menunggu di depan gawang musuh. Dengan torehan empat gol yang dimilikinya, di sisi lain Ronaldo telah pulang, maka saingannya untuk merebut sepatu emas hanya tinggal Harry Kane (5 gol) dan Kylan Mbappe (4 gol).

Kendati diunggulkan dari berbagai lini, mantan pelatih Everton itu tidak akan menganggap remeh tim asuhan Akira Nishino. "Saya pikir itu adalah tim yang paling dinamis, sangat terorganisir dan penuh dengan strategi. Sepak bola Jepang sangat kuat dan kami mengharapkan permainan yang kompetitif. Kami tidak ingin memikirkan pertandingan Iggris dengan Kolombia. Kami perlu fokus kepada Jepang," katanya sebagaiamana dikutip dari Fox Sports. 

Di sisi lain, Keisuke Honda menjadi cahaya dari negeri matahari terbit itu. Dia menjadi orang Asia pertama yang berhasil mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pada Piala Dunia 2018. Duet Honda dengan Shinji Kagawa akan menjadi ruh permainan bagi Jepang. 

2. Berikut catatan penting dari kedua tim  

Preview Belgia Vs Jepang: Napas Terakhir Asia!twitter.com/fifaworldcup

Dilansir dari Sky Sports, Belgia memiliki catatan kurang bagus pada fase knockout. Dari 11 pertandingan yang pernah dilakoninya, dia hanya berhasil meraih dua kemenangan, sembilan permainan lainnya harus kalah. Namun, Dewi Fortuna seakan memihak kepada Belgia. Mereka berhasil menjadi tim dengan torehan gol terbanyak sepanjang babak penyisihan, 9 gol, dan bersama Kroasia juga Uruguay menjadi tim yang meraih poin sempurna. 

Belgia juga belum terkalahkan sepanjang 22 permainan terakhirnya, dengan catatan 17 kali menang dan 5 kali imbang. Mereka terakhir kalah saat melawan Spanyol pada Septeber 2016. 

Sementara, Jepang selalu gagal untuk mencetak gol saat melawan tim Eropa sepanjang pagelaran Piala Dunia. Dari enam pertandingan, mereka hanya bisa menang 1 kali, seri 2 kali, dan kalah 3 kali. Satu-satunya kemenangan sekaligus kesempatan untuk mencetak gol adalah ketika Jepang membungkam Denmark 3-1 pada Piala Dunia 2010. 

Babak 16 besar adalah pencapaian terbaik Samurai Biru selama ini. Sejak debutnya di Piala Dunia pada 1998, mereka hanya bisa lolos ke fase ini pada tahun 2002, 2010, dan 2018. 

3. Berikut perkiraan line-up kedua tim  

Preview Belgia Vs Jepang: Napas Terakhir Asia!zimbio.com

Kabarnya, Vincent Kompany akan diturunkan sebagai starter pada pertandingan kali ini. Namun, Dedryck Boyata dan Thomas Vermaelen diragukan untuk merumput. Untuk Lukaku, dirinya dipastikan sehat 100 persen setelah mendapti masalah ankle saat melawan Tunisia. 

Berikut perkiraan line-up yang akan diturunkan oleh Roberto Martinez

Belgia (3-4-3) : Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Vincent Kompany; Thomas Meunier, Kevin de Bruyne, Axel Witsel, Yannick Carrasco; Dries Mertens, Romelu Lukaku, Eden Hazard

Di kubu Jepang, Shinji Okazaki diragukan merumput setelah gagal bersinar saat melawan Polandia

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Gaku Shibasaki, Makoto Hasebe; Keisuke Honda, Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako

Temukan berita, jadwal, dan skor Piala Dunia di IDN Times.

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya