Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di Dunia

Setidaknya kunjungi sekali seumur hidup, ya!

Tak dapat dimungkiri lagi bahwa sepak bola adalah salah satu olahraga terfavorit di dunia. Para penggemarnya pun tak sungkan-sungkan mengeluarkan biaya besar untuk menonton langsung tim kesayangannya berlaga, meskipun harus menempuh perjalanan yang jauh. Apakah kamu termasuk? 

Nah, bicara soal sepak bola, tentu gak bisa terlepas dari stadionnya. Tempat para pemain sepak bola beraksi ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi para penggemar dan wisatawan. 

Old Trafford mungkin menjadi stadion bola yang pertama kali muncul di benak kalian, bukan? Namun, tahukah kamu jika masih ada banyak stadion bola lain yang gak kalah keren dan menarik dibandingkan Old Trafford, seperti sejumlah stadion bola berikut ini, nih.

1. Vodafone Park, Istanbul, Turki

Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di DuniaIstanbul.com

Vodafone Park adalah stadion multiguna yang terletak di Istanbul, Turki. Stadion ini merupakan markas dari Besiktas JK. Stadium berbentuk elips ini dapat memuat hingga lebih dari 41 ribu penonton. Vodafone Park didesain oleh arsitek Bünyamin Derman dan Metin Demir. Stadion ini pun merupakan salah satu stadium terbising di dunia, loh. 

Di Vodafone Park, kalian dapat melakukan guided tour dan mengunjungi museum Besiktas JK. Di sini kamu akan disuguhi area interaktif yang child-friendly di dalamnya.

Museum ini buka setiap hari, kecuali Senin, dari pukul 10.00-18.00 pada Oktober-Mei. Selain itu, pukul 10.00-19.00 pada Mei-September. Oh, ya, tiket regulernya dibanderol seharga 25 lira atau setara dengan Rp62 ribu. 

2. Anfield, Liverpool, Inggris

Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di DuniaWowcher.co.uk

Anfield, markas dari Liverpool FC merupakan stadion terbesar ketujuh di Inggris yang mampu menampung hingga lebih dari 54 ribu penonton. Stadion yang didominasi oleh warna merah ini terdiri dari 4 stan: Anfield Road End (dua tingkat); Sir Kenny Dalglish Stand (dua tingkat); The Kop (satu tingkat); dan Main Stand (tiga tingkat). 

Ada beberapa jenis tur yang dapat kamu lakukan di Anfield, salah satunya adalah The LFC Stadium Tour yang memperbolehkan kamu masuk ke main stand, dressing room, press room, menyentuh tanda This Is Anfield, dan berjalan menyurusi players' tunnel. Serasa jadi pesepak bola sungguhan, deh! 

Tentang tiket, orang dewasa akan dikenakan biaya sebesar 20 poundsterling (Rp349 ribu), pelajar atau lansia seharga 15 poundsterling (Rp 261 ribu), dan 12 poundsterling (Rp 209 ribu) untuk anak-anak di bawah 16 tahun. 

Tiket tersebut tidak hanya menjadi akses untuk masuk ke museum, namun juga ke Liverpool FC Story dan The Steven Gerrard Collection.

3. Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia

Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di DuniaThetimes.co.uk

Rusia sempat menjadi sorotan dunia tatkala menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2018 kemarin. Dunia pun menjadi saksi kemegahan stadion-stadion di Rusia, salah satunya Luzhniki Stadium. Stadion berkapasitas 81 ribu penonton ini merupakan yang terbesar di Rusia sekaligus salah satu stadion terbesar di Eropa.

Di Luzhniki, kalian dapat melakukan tur yang bernama Luzhniki Legends. Tak hanya menambah pengetahuan kamu seputar sepak bola, tur ini juga akan memperkenalkan kamu tentang sejarah, kehidupan, dan arsitektur di Moskow. 

Tiket ke Luzhniki Stadium dapat diperoleh seharga 900 Rubel (Rp199 ribu) untuk orang dewasa dan 500 Rubel (Rp110 ribu) untuk anak-anak. 

Baca Juga: [FOTO] Penampakan Terbaru Stadion Manahan Solo, Kayak di Luar Negeri

4. Camp Nou, Barcelona, Spanyol

Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di DuniaFcbarcelona.com

Sudah wajib hukumnya bagi para pencinta sepak bola untuk mengunjungi stadion yang satu ini. Dengan kapasitas lebih dari 99 ribu penonton, markas FC Barcelona ini merupakan stadion terbesar di Spanyol dan yang terbesar di seluruh Eropa. 

Sejak dibuka pada 1957, stadion ini telah menjadi saksi berbagai pertandingan akbar, seperti Champions League, UEFA Cup, FIFA World Cup, sampai laga antara Barcelona dan Liverpoool pada UEFA Champions League tahun ini yang berhasil mencetak rekor penonton terbanyak, yaitu lebih dari 98 ribu. 

Ada banyak paket tur yang ditawarkan oleh Camp Nou, salah satu yang paling asyik adalah Players Experience Tour yang memperbolehkan kamu untuk mengunjungi changing room, berjalan menyusuri pitch, duduk di press room, serta mencoba Barça Virtual Experience.

Tiket untuk mengikuti tur ini dibanderol dari harga 39-149 Euro (setara dengan Rp610 ribu-Rp2,3 juta) tergantung usianya. 

5. Santiago Bernabéu Stadium, Madrid, Spanyol

Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di DuniaMusement.com

Masih di Spanyol, ada satu stadion lagi yang wajib kalian kunjungi. Ya, apalagi kalau bukan Santiago Bernabéu. Stadion berkapasitas 81 ribu penonton ini telah menjadi markas bagi Real Madrid sejak pembukaannya pada 1947. 

Di sini, kamu akan dipuaskan dengan tur yang mencakup kunjungan langsung ke lapangan, presidential box (area eksklusif untuk VIP), dressing room, tunnel, coaching area, press room, sampai ke replika bus Real Madrid. Pokoknya, kamu akan merasakan pengalaman selayaknya pemain Real Madrid, deh. 

Tiket untuk tur ini dibanderol mulai dari 18 Euro atau setara dengan Rp281 ribu. Stadion ini buka setiap hari sepanjang tahun, kecuali saat Natal dan Tahun Baru. 

6. Parc des Princes, Paris, Prancis

Gak Hanya Old Trafford, Ini 6 Destinasi Stadion Keren di DuniaFifa.com

Beralih ke Prancis, ada stadion Parc des Princes yang merupakan markas bagi klub Paris Saint-Germain sejak 1974. Stadion yang didesain oleh arsitek Roger Taillibert ini memiliki kapasitas lebih dari 47 ribu penonton dan termasuk salah satu stadion paling modern di Prancis. 

Di sini, kamu dapat mengikuti stadium tour yang akan membawa kamu ke lapangan rumput, VIP lounge di ruang konferensi, changing room, sampai ke history room, tempat kamu dapat melihat langsung koleksi trofi PSG. 

Untuk orang dewasa, tiket dibanderol seharga 12,5 Euro (Rp195 ribu) dan 7,95 Euro (Rp124 ribu) untuk anak-anak. Tertarik untuk mengunjunginya? Nabung dulu, ya, Geng! 

Itu tadi stadion-stadion terbaik yang bisa jadi destinasi wisatamu. Buat kamu pencinta sepak bola, wajib datang ke sini!

Baca Juga: [FOTO] Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang Meregang Nyawa

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You