Arsenal Kalah 1-3 Dari Swansea di Laga Debut Henrikh Mkhitaryan

Menunggu kedatangan Aubemayang ya?

Di tengah rumor yang membelit Arsenal setelah hengkangnya Sanchez yang ditukar dengan Mkhitaryan, serta laga Aubameyang dan tersendatnya transfer Olivier Giroud, Arsenal harus menelan kekalahan 1-3 saat bertamu ke Swansea City.

Laga minggu ke-25 Liga Premier Inggris yang berlangsung di Liberty Stadium diawali dengan gol dari Nacho Monreal di menit ke-33 berkat assist dari Mesut Ozil.

Namun tim tuan rumah yang dilatih oleh pelatih barunya, Carlos Carvalhal berhasil berbalik berkat dua gol dari Sam Clucas, yang dicetak pada menit ke-34 dan menit ke-86, serta sebuah gol lagi dari Jordan Ayew berkat kecerobohan Nacho Monreal dan kiper Peter Cech.

1. Statistik pertandingan

Arsenal Kalah 1-3 Dari Swansea di Laga Debut Henrikh Mkhitaryantwitter/@Arsenal

Meskipun Arsenal menguasai bola sebanyak 74% namun jual beli serangan justru terjadi sepanjang laga. Swansea City melakukan lebih banyak tendangan ke arah gawang, yaitu sebanyak 12 kali berbanding 9 kali oleh Arsenal.

Ini menjadi kemenangan pertama Swansea City atas Arsenal dari lima kali pertemuan mereka, di mana empat laga lainnya dimenangkan oleh Arsenal tanpa ada hasil seri.

Dengan hasil ini Arsenal menempati posisi ke-6 klasemen sementara, tertinggal 4 poin dari Liverpool di peringkat ke-4. Sedangkan swansea City merangkak dari dasar klasemen ke peringkat 17

2. Kemenangan Carlos Carvalhal

Arsenal Kalah 1-3 Dari Swansea di Laga Debut Henrikh Mkhitaryantwitter/@Arsenal

Sejak ditunjuk sebagai pelatih baru Swansea City tanggal 28 Desember 2017, Carlos Carvalhal berhasil membawa klubnya memenangkan tiga laga. Yaitu saat melawan Watford, Liverpool dan Arsenal dan sekali bermain imbang dengan Newcastle, serta sekali laga melawan Tottenham Hotspur.

Dua kemenangan beruntun melawan 2 klub papan atas menjadi catatan yang manis bagi sang pelatih berkebangsaan Portugal berusia 52 tahun ini.

3. Laga debut Mkhitaryan dan (Kemungkinan) laga terakhir Olivier Giroud

Arsenal Kalah 1-3 Dari Swansea di Laga Debut Henrikh Mkhitaryantwitter/@Arsenal

Arsene Wenger menurunkan pemain barunya yang baru ditukar dengan Alexis Sanchez, Henrikh Mkhitaryan saat kedudukan imbang 1-1 di menit ke-60. 

Saat kedudukan 2-1, Arsene Wenger kembali menurunkan Olivier Giroud pada menit ke-77, di mana sang pemain bermain di depan bersama Lacazette. Sementara Mkhitaryan bersama Mesut Ozil mendukung keduanya dari belakang.

Waktu 30 menit tentu tidak cukup bagi Mkhitaryan yang ingin bermain sepak bola menyerang, seperti yang pernah diungkapkannya sebelum laga.

Sementara bagi Olivier Giroud ini mungkin menjadi laga terakhirnya seperti jawaban Arsene Wenger seusai laga. Menurutnya, nasib sang pemain akan ditentukan keesokan harinya. Namun Wenger juga memuji komitmen sang pemain yang telah hampir 6 tahun bergabung dengan Arsenal. 

Wenger menyebutnya sebagai sebuah tribute untuk profesionalisme, di mana sang pemain telah memberikan jasa yang sangat besar kepada klub, tidak pernah mengecewakan dan membantu menyelamatkan klub dalam banyak laga, demikian dilansir dari Metro UK.

4. Catatan dari Opta

Arsenal Kalah 1-3 Dari Swansea di Laga Debut Henrikh Mkhitaryantwitter/@Arsenal

Berikut catatan Opta mengenai laga ini yang dilansir dari Goal:

  • Kemenangan Swansea kali ini merupakan kemenangan beruntun pertama mereka di musim ini.
  • Kekalahan ini membuat Arsenal hanya berhasil mendapatkan 13 poin dari 13 laga tandang mereka musim ini.
  • Selain itu Arsenal juga kehilangan 15 poin dari saat memimpin sebuah laga dan berbalik mengalami kekalahan.

5. Berikut ini cuplikan highlights laganya

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya