Final Piala Dunia Rusia 2018 Masih Dibayangi Kutukan Ini

#WorldCup2018 Percaya atau tidak?

Turnamen Piala Dunia Rusia 2018 sudah berakhir dan kita semua sudah tahu siapa yang berjaya di Rusia, setelah dalam laga final semalam di Luzhniki Stadium, Moskow, timnas Perancis berhasil mengalahkan timnas Kroasia dengan skor 4-2.

Perancis berhasil mengangkat trofi sepak bola paling bergengsi ini untuk kedua kalinya setelah melakukan hal serupa 20 tahun lalu.

1. Fabian Barthez kawal gawang timnas Perancis di Piala Dunia 2006

Final Piala Dunia Rusia 2018 Masih Dibayangi Kutukan Initwitter.com/Sporf

Hasil Piala Dunia Rusia 2018 kembali meneguhkan sebuah kutukan yang mau tidak mau jadi dipercayai karena sudah terjadi di empat turnamen Piala Dunia.

Kutukan ini terkait dengan penjaga gawang tim yang berlaga di babak final Piala Dunia.

Di final Piala Dunia 2006 yang mempertemukan Italia dengan Perancis, tim ayam jantan harus menderita kekalahan dengan skor 5-3, setelah dalam babak normal dan babak perpanjangan waktu bermain imbang dengan skor 1-1.

Kiper timnas Perancis saat itu adalah Fabian Barthez.

2. Maarten Stekelenburg dan Sergio Romero juga gagal di Piala Dunia 2010 dan 2014

Final Piala Dunia Rusia 2018 Masih Dibayangi Kutukan Initwitter.com/Sporf

Empat tahun kemudian di final Piala Dunia 2010 yang dilangsungkan di Afrika Selatan - yang mempertemukan Spanyol dengan Belanda, setelah bermain imbang 0-0 selama waktu normal, sebuah gol dari Andres Iniesta pada menit ke-116 membuat para pemain Belanda harus menangis saat pluit panjang tanda laga berakhir.

Kiper timnas Belanda saat itu adalah Maarten Stekelenburg.

Final Piala Dunia Brasil 2014, yang mempertemukan Jerman dengan Argentina, sebuah gol dari Mario Gotze di menit ke-113 membuat Argentina dan Lionel Messi meratapi kegagalan mereka. 

Kiper timnas Argentina saat itu adalah Sergio Romero.

3. Semua kiper adalah kiper AS Monaco, termasuk kiper timnas Kroasia

Dan di final Piala Dunia Rusia 2018, yang mempertemukan Perancis dengan Kroasia yang dilangsungkan semalam WIB (15/7/2018), Kroasia harus menerima kenyataan pahit dikalahkan oleh Perancis dengan skor 4-2.

Kiper timnas Kroasia dalam laga semalam adalah Danijel Subasic.

Keempat kiper tersebut, Fabian Barthez, Maarten Stekelenburg, Sergio Romero dan Danijel Subasic jika pembaca jeli akan mengetahui bahwa semuanya adalah kiper sebuah klub anggota Ligue 1, AS Monaco.

Inikah yang dinamakan kutukan, ataukah hanya kebetulan semata? Kenyataannya adalah empat finalis di empat turnamen Piala Dunia terakhir semuanya adalah kiper AS Monaco.

Anda percaya atau menantikan apakah kutukan ini akan terjadi di Piala Dunia Qatar 2022?

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya