Jadi Pahlawan Inggris, Jordan Pickford Serang Balik Kritik Courtois

#WorldCup2018 Hasil di lapangan lebih penting, Bro!

Sempat memendam rasa 'dongkol' karena dianggap terlalu 'kecil' untuk ukuran seorang kiper, penjaga gawang timnas Inggris Jordan Pickford menggunakan kesempatan saat menjadi pahlawan Inggris dalam drama adu penalti melawan Kolombia guna menyerang balik kiper timnas Belgia, Thibaut Courtois.

Genderang perang ditabuh oleh Thibaut Courtois saat laga penutup Grup G Piala Dunia Rusia 2018 yang berlangsung di Kaliningrad tanggal 29 Juni dinihari WIB.

Dalam laga tersebut, sebuah gol dari Adnan Januzaj gagal diselamatkan oleh Jordan Pickford yang juga adalah kiper Everton. Kejadian ini membuat Thibaut Courtois menyampaikan kritiknya soal penampilan Jordan tersebut sebagaimana dilansir dari Independent UK.

"Si kiper 10 cm lebih pendek dariku. Aku bisa menangkap bola itu. Dia terlalu pendek untuk menjangkau bola tersebut."

1. Laga kontra Kolombia harus ditentukan lewat adu penalti

Jadi Pahlawan Inggris, Jordan Pickford Serang Balik Kritik Courtoistwitter.com/IndyFootball

Namun setelah menjadi pahlawan timnas Inggris di babak 16 besar melawan Kolombia yang berlangsung hari Rabu dini hari WIB (4/7/2018), Jordan Pickford mencoba membungkam kritik yang diarahkan kepadanya dengan menyatakan bahwa kekurangan fisiknya bukanlah sebuah penghalang.

Setelah bermain imbang 1-1 usai laga waktu normal setelah sebuah penalti Harry Kane yang dibalas dengan sebuah gol di penghujung laga oleh Yerry Mina - yang membuat laga harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu namun skor tetap imbang, laga pun harus ditentukan melalui adu penalti.

2. Jordan Pickford berhasil gagalkan tendangan penalti Carlos Bacca

Jadi Pahlawan Inggris, Jordan Pickford Serang Balik Kritik Courtoistwitter.com/ToffeeTVEFC

Jordan Pickford berhasil menahan bola dari pemain Kolombia Carlos Bacca dan Eric Dier kemudian menjadi penentu kemenangan setelah bolanya mengarah ke kawan kiper David Ospina.

"Kami melakukan riset (atas penendang penalti Kolombia) yang dilakukan oleh staf analis. Hanya Falcao yang tidak menendang seperti biasanya.
"Yang penting siap dan melakukannya dengan kekuatan penuh. Saya memiliki kekuatan dan ketangkasan. Saya tidak peduli apakah saya bukan kiper paling baik, namun saya memiliki kekuatan dan ketangkasan tersebut untuk membantu kami melangkah ke babak selanjutnya," demikian ungkap sang kiper.

3. Jordan Pickford memang termasuk pendek untuk ukuran seorang kiper

Jadi Pahlawan Inggris, Jordan Pickford Serang Balik Kritik Courtoistwitter.com/IndyFootball

Keberhasilan melakukan penyelamatan di drama adu penalti ini membuat Jordan Pickford tercatat menjadi kiper kedua timnas Inggris yang berhasil melakukannya, setelah legenda kiper lainnya, David Seaman melakukan hal serupa tahun di Piala Dunia 1998.

Sekedar perbandingan, tinggi Jordan Pickford adalah 1,85 m, Thibaut Courtois memiliki tinggi 1,99 m, kiper timnas Brasil. Alisson Becker memiliki tinggi 1,91 m. Tinggi kiper legendaris timnas Italia, Gianluigi Buffon mencapai 1,92 m.

Jika dibandingkan memang Jordan Pickford termasuk pendek untuk ukuran seorang kiper. Namun kenyataan di lapangan lebih penting. Itulah poin yang ingin disampaikan oleh kiper nomor satu timnas Inggris ini.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya