Sehari Jual 520.000 Kaos CR7, Berapa Bagian yang Didapatkan oleh Juve?

Bisnis merchandise kian terdongkrak

Juventus dikabarkan berhasil menjual 520.000 jersey Cristiano Ronaldo hanya dalam satu hari sejak diluncurkan, namun apakah dengan penjualan segitu banyak uang yang mereka keluarkan sudah impas?

1. Juventus keluarkan uang tidak sedikit datangkan Ronaldo

Sehari Jual 520.000 Kaos CR7, Berapa Bagian yang Didapatkan oleh Juve?twitter.com/juventusfc

Untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo, Juventus harus merogoh kantong mereka dalam-dalam, bahkan yang terbesar dalam sejarah klub berjuluk Nyonya Tua ini, yaitu €112 juta (€100 juta uang transfer plus €12 juta add-ons).

Ronaldo juga dikabarkan akan mendapatkan gaji sebesar €30 juta per musimnya - menjadikannya pemain dengan bayaran terbesar ke-tiga di bawah Lionel Messi dan Neymar.

2. Penjualan kaos Ronaldo sehari dekati penjualan Juventus semusim

Sehari Jual 520.000 Kaos CR7, Berapa Bagian yang Didapatkan oleh Juve?twitter.com/juventusfc

Euforia publik Turin yang berhasil mendapatkan salah satu bintang sepak bola terbesar dunia saat ini ditunjukkan dengan penjualan kaos sang pemain.

Efek kedatangan Ronaldo benar-benar dirasakan karena penjualan kaos Juventus untuk satu musim 2016/17 adalah sebanyak 850.000 buah, dibandingkan dengan 520.000 hanya dari tiga hari penjualan saja, demikian dilansir dari beIN Sport.

3. Adidas yang paling diuntungkan

Sehari Jual 520.000 Kaos CR7, Berapa Bagian yang Didapatkan oleh Juve?twitter.com/Cristiano

Dengan memperhitungkan harga jual kaos resmi yang dipantau dari situs resmi klub, harga kaos untuk anak-anak adalah €84,95, kaos wanita €94,95, kaos pria € 104,95 serta replika yang dipakai oleh para pemain Juventus senilai €137.45, yang jika dirata-rata adalah €122,95.

Jika dikalikan dengan jumlah total kaos yang terjual, maka akan didapatkan nilai sebanyak €64 juta, yang sepintas bisa dianggap sebagai sebuah angka yang sangat besar.

Sayangnya, menurut CNBC klub hanya akan mendapatkan 10-15% dari total penjualan yang berarti bahwa pendapatan Juventus dari penjualan kaos hanyalah sebesar €6,4 - €9,6 juta, sisanya menjadi bagian produsen kaos ini, dalam hal ini Adidas.

Meskipun tidak banyak jika dibandingkan dengan besarnya nilai transfer dan gaji sang pemain, namun tetap saja merupakan sebuah nilai yang signifikan dan merupakan sebuah bisnis yang bagus.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya