Jaga Gawang Sambil Pegang Ponsel, Kiper Brasil Dikenai Sanksi

Berbahaya!

Seorang kiper yang berkompetisi di divisi utama Brasil sempat mendapatkan kritikan dari fans dan media setempat setelah diketahui memegang ponselnya tepat sebelum berlaga. Namun di balik aksinya ini ternyata ada sebuah alasan yang menarik.

1. Sang kiper memegang ponsel saat laga yang berlangsung bulan Mei 2018

Jaga Gawang Sambil Pegang Ponsel, Kiper Brasil Dikenai SanksiYoutube.com/Uber Goleiro CAP - Ingles

Dalam laga antara Atletico Paranaense melawan Atletico Mineiro, penonton dan media setempat sempat meradang menyaksikan kiper Atletico Paranaense bernama Aderbar dos Santos Neto sempat-sempatnya mengecek ponselnya dan tampak asyik dengan gawai miliknya sebelum berlangsungnya laga bulan Mei lalu, demikian dilansir dari The Drum.

2. Rupanya aksi sang kiper merupakan tindakan terencana bekerja sama dengan Uber

Jaga Gawang Sambil Pegang Ponsel, Kiper Brasil Dikenai SanksiYoutube.com/Uber Goleiro CAP - Ingles

Baru keesokan harinya publik Brasil mengetahui bahwa tindakan sang kiper memang disengaja dan dengan persetujuan klub bekerjasama dengan Uber negara tersebut guna mengkampanyekan keselamatan berkendaraan di jalan.

Sang Kiper menyatakan bahwa tindakannya saat itu sama berbahayanya dengan mereka yang menggunakan ponsel saat mengendarai kendaraan di jalan.

"Apa yang saya lakukan di lapangan sama seperti yang dilakukan ribuan orang lainnya setiap hari di mobil mereka, Namun terlibat dalam kecelakaan berkendaraan jauh lebih berbahaya daripada mengawal gawang."

3. Kiper dan klub mendapatkan hukuman atas aksi mereka

Jaga Gawang Sambil Pegang Ponsel, Kiper Brasil Dikenai SanksiYoutube.com/Uber Goleiro CAP - Ingles

Uber dan perusahaan iklan ingin meningkatkan kesadaran warga Brasil dimana terdapat lebih dari 400 ribu kecelakaan di negara tersebut setiap tahunnya dimana terjadi kematian sebanyak 54.000 - menurut data dari World Health Organization (WHO) dan penggunaan ponsel di jalanan menjadi salah satu penyebab utamanya.

Dilansir dari Mirror UK, atas aksinya ini sang kiper berusia 29 tahun ini mendapatkan sanksi larangan bertanding sebanyak 1 laga oleh Superior Tribunal of Sports Justice (STJD) sementara klub yang ikut terlibat dalam aksi ini didenda 50.000 BRL (Rp 192 juta).

Sayangnya Aderbar dos Santos Neto harus kebobolan dua gol dalam laga tersebut dimana klubnya kalah dengan skor 2-1, namun pesan yang ingin disampaikan pasti mengena – mengingat sepak bola menjadi olah raga yang paling disukai oleh warga negara tersebut.

4. Berikut video iklan layanan masyarakat yang diunggah ke Youtube

https://www.youtube.com/embed/P0Urj9_NJ-c
y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya