Kroasia Undang Skuat 1998 Hadiri Final Piala Dunia 2018 Lawan Prancis

#WorldCup2018 Bisa jadi pemicu semangat nih!

Berhasil keluar dari bayang-bayang 'generasi medali perunggu' 20 tahun lalu, timnas Kroasia yang berhasil mencapai babak final Piala Dunia Rusia 2018 memiliki misi menebus kesalahan di Piala Dunia 1998 saat menghadapi timnas Perancis tanggal 15 Juli mendatang.

Menghadapi laga final tersebut, pelatih timnas Kroasia saat ini, Zlatko Dalic dan Federasi Sepak Bola Kroasia mengundang mantan pelatih dan skuat timnas Kroasia tahun 1998 untuk menghadiri laga babak final nantinya.

1. Timnas Kroasia capai babak semifinal Piala Dunia 1998

Kroasia Undang Skuat 1998 Hadiri Final Piala Dunia 2018 Lawan PrancisCroatia Week

Dilansir dari RT, setelah menggegerkan dunia persepakbolaan dunia saat berhasil mencapai babak perempat final Euro 1996, timnas Kroasia berhasil mencapai babak semifinal setelah berhasil menyisihkan juara Eropa, Jerman dengan skor 3-0.

Dalam laga babak semifinal yang berlangsung di Stade de France, Kroasia berhasil mencetak gol pembuka di babak pertama melalui peraih sepatu emas turnamen tersebut, Davor Suker.

Namun dua gol dari Lilian Thuram di babak kedua membuat Kroasia harus pulang di negara mereka. Perancis pun kemudian melaju ke babak final dan menjadi juara di negara mereka.

2. Banyak lulusan Piala Dunia 1998 yang jadi orang penting

Kroasia Undang Skuat 1998 Hadiri Final Piala Dunia 2018 Lawan Prancistwitter.com/HNS_CFF

Banyak dari lulusan 'generasi medali perunggu' tahun 1998 yang tercatat berada di Rusia dalam kapasitas berbeda. Davor Suker berada di Rusia dalam kapasitasnya sebagai kepala Federasi Sepak Bola Kroasia, sementara Slaven Bilic menjadi pundit bagi statiun televisi ITV Inggris. Sementara itu Drazen Ladic dan Marjan Mrmic menjadi asisten Dalic, sedangkan Igor Stimac dan Dario Simic juga hadir dalam laga melawan timnas Inggris.

3. Hubungan antaraZlatko Dalic denganMiroslav Blazevic memang dekat

Kroasia Undang Skuat 1998 Hadiri Final Piala Dunia 2018 Lawan PrancisCroatia Week

Undangan ini tidak terlepas dari hubungan baik antara Zlatko Dalic dengan mantan pelatih timnas Kroasia tahun 1998, Miroslav ‘Ciro’ Blazevic. Dalic merupakan tangan kanan Blazevic di awal tahun 2000-an di klub divisi utama Kroasia, Verteks yang berasal dari Varazdin. Bahkan dikabarkan Dalic sempat meminta nasehat dari mentornya ini selama penyelenggaraan Piala Dunia Rusia 2018.

Dendam selasa dua puluh tahun apakah akan bisa dibalaskan oleh generasi baru saat kedua tim kembali bertemu lagi? Dengan mengundang 'class of 1998' ini mungkin akan membangkitkan semangat juang Luka Modric dan kawan-kawannya guna mencapai prestasi yang tidak pernah berhasil dicapai oleh pendahulu mereka.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya