Gagal di Piala Dunia, Fernando Hierro Berhenti Sebagai Pelatih Spanyol

#WorldCup2018 Sampai segitunya ya

Pelatih 'dadakan' timnas Spanyol, Fernando Hierro memutuskan berhenti sebagai sporting director Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), menyusul tersingkirnya mereka dari babak 16 besar Piala Dunia Rusia 2018.

Mantan legenda Real Madrid ini mendadak ditunjuk sebagai pelatih timnas Spanyol sehari jelang pembukaan turnamen sepak bola paling akbar dunia ini, setelah pelatih sebelumnya Julen Lopetegui diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid.

1. RFEF sebut Fernando Hierro ingin mencari horizon dan tantangan baru

Gagal di Piala Dunia, Fernando Hierro Berhenti Sebagai Pelatih Spanyoltwitter.com/UEFAEURO

Keputusan ini disampaikan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol melalui sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan hari ini (8/7/2018) sebagaimana dilansir dari ESPN.

(Hierro) menolak menduduki jabatan lamanya sebagai sporting director RFEF, guna mencari horizon baru dan menghadapi tantangan professional baru.
(Hierro) telah menjalani dua masa jabatan sebagai sporting director federasi, yang pertama antara 2007 dan 2011 - yang menjadi era terbaik timnas senior, ketika berhasil memenangkan Kejuaraan Eropa di bawah Luis Aragones sebagai pelatih tahun 2008 dan menjadi juara Piala Dunia 2010 bersama Vicente del Bosque - dan masa jabatan kedua dari November 2007 sampai saat ini.

2. RFEF ucapkan terima kasih atas dedikasi Fernando Hierro

Gagal di Piala Dunia, Fernando Hierro Berhenti Sebagai Pelatih Spanyoltwitter.com/brfootball

Tidak lupa Federasi Sepak Bola Spanyol mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh Fernando Hierro.

RFEF ingin mengucapkan terima kasih kepada Fernando Hierro atas pengorbanannya dan rasa tanggung jawabnya ketika mengambil alih tugas sebagai pelatih tim nasional di bawah situasi yang luar biasa, sekaligus menjalankan semua tugasnya.
Federasi ingin menekannya nilai-nilai professional dan pribadi dari seorang atlet yang luar biasa dan mengharapkan yang terbaik bagi dirinya.

3. Fernando Hierro hanya catatkan satu kali menang dari empat laga di Piala Dunia

Gagal di Piala Dunia, Fernando Hierro Berhenti Sebagai Pelatih Spanyoltwitter.com/SquawkaNews

Di bawah asuhan Fernando Hierro selama kurang lebih tiga minggu, timnas Spanyol tercatat hanya berhasil memenangkan satu laga dari empat laga yang dijalaninya selama Piala Dunia Rusia 2018.

Di laga pembuka, timnas Spanyol ditahan imbang 3-3 sebelum dikalahkan oleh timnas Iran dengan skor 1-0.

Spanyol yang tergabung dalam Grup B akhirnya keluar sebagai juara Grup B setelah bermain imbang 2-2 dengan Maroko di laga penutup grup, sebelum akhirnya disingkirkan oleh tuan rumah Rusia di babak 16 besar melalui drama adu penalti.

Satu keputusannya yang paling kontroversial saat meracik taktik timnas Spanyol adalah dibangkucadangkannya Andres Iniesta dalam laga melawan timnas Rusia - yang menurut pemain timnas Kroasia, Ivan Rakitic sangat aneh, demikian dilansir dari Goal.

Selama 14 tahun bermain untuk Real Madrid di mana sebelumnya bermain untuk Valladolid, Fernando Hierro memenangkan 5 gelar La Liga dan tiga gelar Liga Champions Eropa sebelum akhirnya pindah ke Al Rayyan dan Bolton. Sebelumnya dia juga sempat menjadi pelatih kepala klub divisi dua Spanyol, Oviedo.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya