5 Pemain Legendaris Bernomor Punggung 8 yang Bermain di Piala Dunia

Apakah Piala Dunia 2018 akan melahirkan pemain legendaris lainnya?

Piala Dunia Rusia 2018 tinggal dalam hitungan jari, tepatnya 8 hari lagi saat laga pembukaan yang dijadwalkan akan berlangsung tangal 14 Juni mendatang.

Dari sekian kali penyelenggaraan Piala Dunia, tidak sedikit sudah melahirkan berbagai bintang legendaris yang mengenakan nomor punggung 8 saat membela negaranya di ajang turnamen sepak bola terakbar di dunia ini.

Berikut beberapa pemain bernomor punggung 8 legendaris.

1. Socrates - Brasil

Jenderal lapangan tengah timnas Brasil ini terkenal dengan passingnya yang indah saat membela timnas Brasil, sebanyak 60 kali dengan 22 gol.

Socrates tampil di dua kali Piala Dunia. Bersama tiga rekannya Zico, Falcao dan Eder menjadikan Brasil menjadi favorit juara tahun 1982, namun kalah dari Italia di penyisihan grup.

Socrates dikenal sebagai peminum dan perokok berat yang memberi nama ketiga anaknya dengan tokoh terkenal yaitu Fidel Castro, Che Guevara dan John Lennon.

2. Hristo Stoichkov - Bulgaria

Pemain berkebangsaan Bulgaria ini dikenang karena membawa negaranya melaju ke babak semi final Piala Dunia 1994, di mana pada tahun yang sama memenangkan gelar Ballon d'Or bersama Barcelona.

Tampil di dua kali Piala Dunia, namun penampilan di tahun 1994-lah paling dikenang, berkat 6 gol yang membuatnya meraih Golden Boot.

3. Dennis Bergkamp - Belanda

Pemain berkebangsaan Belanda sekaligus ikon Arsenal ini sempat memperkuat timnas Belanda di dua kali Piala Dunia, yaitu tahun 1994 dan 1998.

Pemain ini dikenal dengan julukan 'Non-Flying Dutchman' karena ketakutannya untuk naik pesawat terbang akibat trauma saat penerbangan di Piala Dunia 1994.

4. Marcel Desailly - Prancis

Bersama Zinedine Zidane, pemain berkebangsaan Perancis ini membawa negaranya memenangkan Piala Dunia 1998. Mantan pemain Chelsea ini bermain sebanyak 116 kali bagi Les Blues.

5. Xavi Hernandez - Spanyol 

Tandem Andres Iniesta baik di Barcelona maupun timnas Spanyol ini terkenal sebagai jenderal lapangan tengah berkat kemampuan tika-taka yang mampu mengatur tempo permainan.

Xavi Hernandes bermain dua kali Piala Dunia yaitu tahun 2010 dan 2014, di mana menjadi bagian dari timnas Spanyol 2010 yang memenangkan Piala Dunia bagi negaranya.

Xavi Hernandez tercatat bermain sebanyak 133 kali bagi timnas Spanyol selama 14 tahun dengan mencetak 13 gol.

Akankah Piala Dunia Rusia 2018 yang tinggal 8 hari lagi akan melahirkan pemain legendaris lainnya? Kita tunggu saja.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya