Ini Penjelasan Mengapa Fans Kroasia Pakai Topi Polo Air di Lapangan

#WorldCup2018 Ternyata ada sejarahnya

Fans yang datang ke stadion menyaksikan timnya bermain biasanya berbekal berbagai atribut di badan mereka. Yang paling umum adalah mengenakan jersey tim kesayangan mereka, meskipun banyak juga yang menambahinya dengan syal atau bendera di tangan mereka.

Di luar hal tersebut, banyak fans timnas Kroasia yang memakai topi penutup kepala untuk bermain olah raga air polo dengan motif bendera negara mereka. Rupanya kebiasaan ini memiliki sejarah tersendiri bagi negara yang baru lahir tahun 1991 ini sebagaimana dilansir dari Euro News.

1.Vedran Corluka terluka di kepalanya saat Euro 2016

Ini Penjelasan Mengapa Fans Kroasia Pakai Topi Polo Air di Lapangantwitter.com/brfootball

Saat dilangsungkannya Euro 2016, bek Kroasia Vedran Corluka terluka di kepalanya saat laga melawan Turki di laga pembuka.

Luka di kepalanya ini membuat darah mengucur deras, sehingga saat memasuki babak kedua bek tersebut turun ke lapangan dengan mengenakan topi untuk bermain polo air ini.

Olah raga polo air memang merupakan salah satu cabang olah raga yang populer di negara tersebut, sama seperti negara-negara Balkan lainnya.

Tahun 2012, Kroasia memenangkan medali emas di Olimpiade dan menjadi juara dunia polo air pada tahun 2018 dengan mengalahkan Hungaria.

2. Topi polo air hadiah dari pemain polo air timnas Kroasia

Ini Penjelasan Mengapa Fans Kroasia Pakai Topi Polo Air di LapanganEuro News

Topi polo air yang dikenakan oleh Vedran Corluka di laga Euro 2016 ini merupakan pemberian pemain polo negara tersebut yang memenangkan medali emas Olimpiade, Paulo Obradovic kepada dokter tim Kroaia saat itu, Boris Nemec, yang kemudian mempunyai ide memakaikan topi tersebut kepada beknya yang terluka.

Sejak itulah fans timnas Kroasia mulai mengenakan topi serupa dalam laga-laga timnas negaranya.

Bahkan foto Vedran Corluka yang mengenakan topi polo air tersebut telah dimasukkan dalam museum sepak bola UEFA.

3.Vedran Corluka sempat membela timnas Kroasia di Piala Dunia Rusia 2018

Ini Penjelasan Mengapa Fans Kroasia Pakai Topi Polo Air di Lapangantwitter.com/lizbomblogan

Vedran Corluka, yang hanya sempat bermain penuh selama 90 menit melawan Eslandia di Piala Dunia Rusia 2018 serta bermain 23 menit di laga melawan Rusia serta hanya 5 menit ketika menyingkirkan Inggris di babak semifinal, tercatat sempat bermain di Liga Premier Inggris yaitu Manchester City (2007-2008) dan Tottenham Hotspur (2008-2012), sempat meledek timnas Inggris dengan kalimat 'it's not coming home' saat dimintai pendapatnya oleh jurnalis usai laga tersebut.

Jadi, saat menyaksikan laga timnas Perancis melawan Kroasia, jika melihat banyak fans Kroasia yang mengenakan topi polo air, inilah penjelasannya.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya