Pindah ke Juventus, Gaji Cristiano Ronaldo Justru Alami Penurunan

Diimbangi pendapatan dari luar lapangan

Banyak orang yang bertanya-tanya penyebab Cristiano Ronaldo memutuskan untuk hengkang dari klub yang sudah memberikan segalanya bagi sang pemain selama 9 tahun terakhir ini.

Bersama Real Madrid, Ronaldo telah mendapatkan segala yang mungkin didapatkan oleh seorang pemain professional di level klub mulai dari gelar pribadi maupun gelar di level klub.

Dengan berpindah klub ternyata Ronaldo justru mengalami penurunan pendapatan ketika mengenakan kostum Los Blancos. Bagaimana hitung-hitungannya?

1. Pendapatan kotor Ronaldo di bawah Messi dan Neymar

Pindah ke Juventus, Gaji Cristiano Ronaldo Justru Alami Penurunantwitter.com/XHSports

Kontrak Ronaldo dengan Juventus yang diumumkan hari Selasa malam mencapai $35 juta atau Rp 503 miliar per musimnya dengan durasi kontrak selama 4 tahun. Dilansir dari Forbes, berdasarkan peraturan perpajakan Italia, pendapatan kotor Ronaldo akan setara dengan $50.5 juta atau Rp 726, 4 miliar per musim.

Angka ini ternyata jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan pendapatannya saat bermain di Real Madrid yang mencapai $61 juta atau Rp 877,64 miliar. Selain itu, angka ini juga jauh di bawah pendapatan Lionel Messi yang mencapai $84 juta atau setara Rp 1,2 triliun dan Neymar yang mencapai $73 juta atau setara Rp 1,03 triliun.

2. Total pendapatan Ronaldo di bawah Messi

Pindah ke Juventus, Gaji Cristiano Ronaldo Justru Alami Penurunantwitter.com/kingRam0

Namun berkurangnya pendapatan sang pemain dari gaji yang didapatkannya di lapangan bisa diimbangi oleh pendapatannya di luar lapangan yang berbentuk endorsement, biaya penampilan dan lisensi senilai $47 juta atau Rp 676,4 miliar per tahun. Total pendapatannya baik dari dalam dan luar lapangan diperkirakan akan mencapai $97,5 juta atau setara Rp 1,401 triliun untuk musim baru ini menjadikannya pemain sepak bola dengan penghasilan terbesar kedua di bawah Lionel Messi.

3. Pendapatan Messi dari luar lapangan tertinggal dari Ronaldo

Pindah ke Juventus, Gaji Cristiano Ronaldo Justru Alami Penurunantwitter.com/MESSI0o

Pendapatan Lionel Messi berdasarkan kontrak barunya yang ditandatangani bulan November lalu - yang mengikatnya sampai bulan Juni 2021 adalah sebesar $84 juta atau setara Rp 1,2 triliun, demikian dilansir dari Euro Sport. Forbes mencatat bahwa pendapatan Lionel Messi di luar lapangan jauh tertinggal dari Ronaldo yang hanya mencapai $27 juta atau setara Rp 388,4 miliar.

Dengan perbandingan angka tersebut di atas, klaim bahwa berpindahnya Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus dikarenakan menginginkan pendapatan lebih jagi gugur. Pertanyaannya adalah apa alasan sebenarnya? Mungkin waktu yang akan menjawab.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya