Prancis Juara, Perusahaan Tiongkok Kembalikan Uang Pembeli Rp 170M

Strategi marketing yang sukses

Kemenangan timnas Prancis di Piala Dunia Rusia 2018 membuat sebuah perusahaan di Tiongkok harus mengembalikan uang yang dibelanjakan oleh pelanggannya.

Bulan lalu sebelum dimulainya turnamen sepak bola paling akbar di dunia ini, perusahaan bernama Vatti Corp Ltd menjanjikan para pelanggannya akan mengembalikan uang seandainya Prancis menjadi juara Piala Dunia Rusia 2018.

1. Vatti harus bayar refund sebesar Rp 170 miliar

Prancis Juara, Perusahaan Tiongkok Kembalikan Uang Pembeli Rp 170MCGTN

Perusahaan yang merupakan produsen peralatan dapur yang berbasis di Propinsi Guangdong, Tiongkok ini dilaporkan harus membayar penggantian hampir sebesar Rp 170 miliar.

Hari Senin ini melalui media sosial milik perusahaan tersebut, perusahaan ini yang merupakan sponsor resmi timnas Prancis menyatakan akan menghormati janji mereka dengan disertai tata cara bagaimana caranya mengklaim pengembalian uang mereka.

2. Refund untuk pembelian produk dari tanggal 1 Juni sampai 3 Juli 2018

Prancis Juara, Perusahaan Tiongkok Kembalikan Uang Pembeli Rp 170MCGTN

Program pengembalian uang pelanggan ini merupakan salah satu program marketing perusahaan ini yang menjual 'paket kejuaraan' dengan harga antara Rp 5,8 juta sampai Rp 9,9 juta yang terdiri dari kompor gas, pemanas air dan pencuci piring bagi pelanggan yang membeli produk mereka dari tanggal 1 Juni sampai 3 Juli.

Dilansir dari CGTN, meskipun harus kehilangan uang sebesar Rp 170 miliar, namun penjualan mereka mencapai Rp 1,5 triliun dengan laba sebesar Rp 647 miliar.

3. Menjadi program marketing Piala Dunia yang paling berhasil

Prancis Juara, Perusahaan Tiongkok Kembalikan Uang Pembeli Rp 170MCaixin Global

Saat timnas Prancis mencapai babak perempat final tanggal 4 Juli lalu, perusahaan ini menyatakan bahwa potensi penggantian uang konsumen ini masih berada dalam budget mereka dan tidak mempengaruhi sistem distribusi dan profit perusahaan tersebut.

Program ini ternyata menjadi program marketing yang sangat berhasil karena menjadi bahan pembicaraan warganet hari Senin dan bahkan ada yang menyatakan bahwa uang penggantian ini jauh lebih kecil dari efek marketing perusahaan tersebut.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya