Pernah Rekaman Lagu, Ini Rekor & Insiden Memalukan Igor Akinfeev

#WorldCup2018 Dia pahlawannya timnas Rusia

Igor Akinfeev, kiper timnas Rusia sekaligus pahlawan dalam laga babak 16 besar melawan timnas Spanyol di Piala Dunia Rusia 2018, meskipun memiliki karier cemerlang, pernah memiliki rekor yang memalukan akhir tahun lalu.

Kapten timnas Rusia ini berhasil menyelamatkan gawangnya dua kali dalam drama adu penalti, setelah laga normal dan perpanjangan waktu berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.

1. Insiden Piala Dunia 2014 menghantui sang kiper

https://www.youtube.com/embed/h9_yoleU5UI

Pemain berusia 32 tahun ini sepanjang karier profesionalnya hanya membela satu klub. Yaitu CSKA Moskow - yang memulai debutnya tanggal 1 Januari 2003.

Karier di timnas Rusia dimulai tanggal 28 April 2004, di bawah asuhan pelatih Georgi Yartsev saat berusia 18 tahun dan 20 hari, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Sejak memulai debutnya, kiper yang sepanjang kariernya bersama timnas Rusia hanya mendapatkan 1 buah kartu kuning dari 110 laga internasional, memiliki kenangan pahit di Piala Dunia.

Yakni terjadi empat tahun lalu ketika sebuah tendangan jarak jauh dari pemain Korea Selatan, Lee Keun-ho gagal diselamatkan dan terlepas dari genggamannya, serta secara memalukan berhasil menerobos gawangnya.

2. Igor Akinfeev miliki clean sheet terbanyak bagi timnas Rusia

Pernah Rekaman Lagu, Ini Rekor & Insiden Memalukan Igor Akinfeevtwitter.com/htTweets

Di luar hal tersebut, dengan sikapnya yang tenang, percaya diri dan sering menjadi penyelamat sebuah laga, pemain setinggi 1,86 meter ini tercatat sebagai kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak jika dibandingkan kiper lainnya di negara tersebut.

Dilansir dari The Guardian, di luar lapangan sang kiper sempat merekam beberapa lagu bersama grup pop populer Rusia bernama Ruki Vverkh! ("Angkat Tanganmu!").

3. Igor Akinfeev tidak pernah catatkan clean sheet di 43 laga Liga Champions Eropa

Mengenai rekor yang memalukan dirinya, sang kiper tercatat menjalani 43 laga Liga Champions Eropa tanpa pernah sekali pun mencetak clean sheet - yang berakhir bulan November lalu saat CSKA Moskow mengalahkan Benfica dengan skor 2-0.

Rekor di timnas Rusia soal clean sheet jauh lebih baik dengan mencetak 33 clean sheet dari 110 laga yang dijalaninya.

Rekor clean sheet sang kiper mungkin akan bertambah seiring melajunya timnas Rusia ke babak selanjutnya.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya